UNTUK INDONESIA
PKL dan UMKM Kota Magelang Dapat Bantuan Modal Uang Tunai
Ratusan PKL dan UMKM di Kota Magelang dapat bantuan uang tunai dari pemerintah setempat. Bantuan itu untuk modal usaha atas dampak pandemi.
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyerahkan bantuan modal uang tunai kepada perwakilan PKL dan pelaku UMKM. (Foto: Tagar/Humas Pemkot Magelang)

Magelang - Para pedagang kaki lima (PKL) dan pelaku UMKM di Kota Magelang, Jawa Tengah, bisa sedikit bernafas lega di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, Pemerintah Kota Magelang menganggarkan bantuan modal berupa uang tunai bagi mereka.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang Catur Budi Fajar Soemarmo menyebutkan, ada sebanyak 434 orang PKL yang menerima bantuan modal ini.

"Masing-masing PKL mendapat bantuan modal berupa uang sebesar Rp 1 juta yang dianggarkan dari APBD Kota Magelang tahun 2020. Uang diberikan dengan ditransfer ke rekening masing-masing penerima," kata Catur, Rabu, 21 Oktober 2020.

Kami harapkan adanya bantuan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat, yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, bantuan ini merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi masyarakat sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Sementara, PKL adalah bagian dari UMKM yang merupakan sektor riil pendukung perekonomian.

"Kami harapkan adanya bantuan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat, yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19," ujarnya.

PKL yang menerima bantuan harus memenuhi sejumlah ketentuan, khususnya ber-KTP Kota Magelang. Selain PKL, Pemkot Magelang juga memberikan bantuan modal kepada 10 koperasi masing-masing Rp 25 juta dan 25 pelaku usaha atau perajin mainan masing-masing Rp 2,5 juta.

Baca juga: 

Sementara itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan bantuan ini untuk meringankan masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Ia menyadari pandemi menyebabkan hampir semua sektor terpuruk, tidak terkecuali sektor perdagangan.

"Semoga dengan bantuan modal yang diberikan bisa menjadi motivasi PKL agar tetap semangat. Layani konsumen dengan tersenyum dan jaga protokol kesehatan," ucap Sigit. []

Berita terkait
Program Bantuan untuk UMKM, Indef: Harus Ada Diversifikasi
Indef menilai berbagai program bantuan untuk UMKM terdampak pandemi sebaiknya diversifikasikan.
Jokowi Beri Bantuan Modal Pelaku UMKM di Labuan Bajo
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bagikan bantuan modal usaha kepada 60 pelaku UMKM di Labuan Bajo Manggarai Barat.
Bantuan Permodalan Rp 4 Miliar untuk UMKM di Kota Semarang
Pemkot Semarang menyiapkan Rp 4 miliar untuk bantuan permodalan UMKM. Kredit lunak ini berbunga 3%.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.