UNTUK INDONESIA
Pesan Wakapolri Jelang Pilkada 2020 di Padang
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono meminta Kapolda mengamankan jalannya pilkada 2020.
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Polarisasi di tengah masyarakat saat proses pemilihan kepala daerah (pilkada) berlangsung adalah hal wajar dalam negara demokrasi. Namun, perbedaan pilihan tersebut jangan sampai menimbulkan aksi anarkis hingga diskriminasi.

"Selesai Pilkada bersalaman lagi. Tugas Kapolda di daerah masing-masing untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi dengan berbagai program pengamanan," kata Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Gatot Eddy Pramono, usai memberikan kuliah umum di Universitas Andalas (Unand), Padang, Jumat, 14 Februari 2020.

Menurut jenderal berdarah Minang itu, Kapolda harus memastikan pilkada serentak 2020 berjalan dengan lancar, aman dan terkendali. Dia juga mengajak semua elemen masyarakat, termasuk pihak kampus harus menjaga perbedaan demi kesatuan dan persatuan bangsa.

"Mahasiswa menjadi pencerah di tengah polarisasi masyarakat. Akademisi dan kampus juga harus hadir sebagai pencerahan. Memberikan pandangan-pandangan yang mencerahkan sehingga demokrasi berjalan dengan baik," tuturnya.

ugas Kapolda di daerah masing-masing untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi dengan berbagai program pengamanan.

Sementara itu, Rektor Unand Yuliandri mengatakan tantangan bangsa saat ini menyasar ekonomi. Kemudian persoalan agama, budaya dan politik yang tidak bisa dipisahkan.

"Masalah-masalah ini bisa memicu permasalahan baru. Seperti persoalan ekonomi yang bisa menimbulkan perpecahan," katanya.

Persoalan politik juga berpotensi besar menimbulkan perpecahan. Banyak yang menggunakan isu sensitif, berpikir praktis untuk memenangkan konsestasi.

"Banyak lagi persoalan bangsa ke depannya. Tantangan perguruan tinggi menjadi kampus merdeka, milenial hari ini harus diberi ruang sebaik-baiknya," katanya. []

Berita terkait
Tawuran Siang Hari, Tiga Remaja di Padang Diringkus
Tiga pemuda yang terlibat aksi tawuran siang hari ditangkap polisi di kawasan GOR Haji Agus Salim Padang, Sumatera Barat.
Trase Tol Padang-Pekanbaru Diganti
Pemerintah memindahkan trase pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru dari Sicincin ke Kepala Hilalang, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat.
Polisi Hancurkan 168 Knalpot Bising di Padang
Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat, memusnahkan sebanyak 168 knalpot tidak standar.
0
Perjanjian Damai Batal, AS Gempur Taliban
AS melancarkan serangan udara pertama ke milisi Taliban di Afganistan Rabu (4/3/2020). Perjanjian damai antara keduanya batal.