UNTUK INDONESIA
Pesan Presiden Jokowi untuk Plt Gubernur Aceh
Presiden Joko Widodo berharap pembangunan jalan tol perdana di Provinsi Aceh nantinya dapat memacu akselerasi pertumbuhan ekonomi.
Presiden Joko Widodo (kiri) disambut Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah (tengah) dan Wali Nanggroe, Teungku Malik Mahmud Al-Haytar (kanan) saat tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Selasa, 25 Agustus 2020.(Foto: Tagar/Dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Banda Aceh – Presiden Joko Widodo menitipkan pesan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah agar segera menghubungkan tol pertama di Tanah Rencong tersebut dengan pusat-pusat ekonomi dan pariwisata yang ada di sana.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meresmikan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Aceh pada Selasa, 25 Agustus 2020.

“Saya minta agar ini disambungkan dengan sentra-sentra pertanian, pariwisata, dan kawasan industri sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat kita di Aceh dan yang kita harapkan lagi Aceh akan menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Sumatera,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap, pembangunan jalan tol perdana di provinsi tersebut nantinya dapat memacu akselerasi pertumbuhan ekonomi di Bumi Serambi Mekah dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Kita harapkan dengan infrastruktur baru ini akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, ada usaha-usaha baru, ada perluasan usaha dari yang sudah ada,” kata Jokowi.

Saya minta agar ini disambungkan dengan sentra-sentra pertanian, pariwisata, dan kawasan industri sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat kita di Aceh.

“Dan kita harapkan akan membangkitkan perekonomian di Aceh secara luas dan tentu saja goal-nya menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya," ujarnya menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyebutkan, pembangunan infrastruktur di Indonesia tetap harus berjalan mengingat pentingnya hal tersebut bagi negara di tengah ketertinggalan infrastruktur dibandingkan negara-negara lainnya.

Menurutnya, tidak meratanya fasilitas dan pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini menjadikan tingginya biaya logistik yang menyebabkan daya saing kita menjadi tidak menguntungkan.

"Selain itu, dalam kondisi seperti saat ini, pembangunan infrastruktur juga menjadi salah satu strategi yang memberikan daya ungkit bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ucap Jokowi.

Baca juga:

Seperti diketahui, secara keseluruhan, jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh yang diresmikan Jokowi tersebut terbentang sepanjang 74 kilometer dan merupakan ruas tol pertama yang dibangun di Provinsi Aceh.

Usai meresmikan, Jokowi berkesempatan untuk menjajal ruas jalan tol seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer tersebut.

Hadir dalam acara peresmian tersebut di antaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, dan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. []

Berita terkait
Jokowi ke Aceh, Hampir 2 Ribu Pasukan Disiagakan
Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan meresmian ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 4 (Blang Bintang-Indrapuri).
Jokowi Sumbang Sapi Kurban untuk Aceh
Sapi yang disumbangkan Presiden Joko Widodo untuk masyarakat Aceh berbobot 856 kilogram dengan harga Rp 85 juta.
Empat Kuliner Aceh Kesukaan Presiden Jokowi
Presiden RI Joko Widodo punya kuliner kesukaan saat berkunjung ke Aceh.
0
Operasi Zebra Digelar Dua Pekan, Ini Fokus Penindakannya
Operasi Zebra tahun 2020 kembali digelar di seluruh wilayah Indonesia. Ini fokus penilangannya.