UNTUK INDONESIA
Jokowi Minta Adanya Pertumbuhan Ekonomi Baru di Aceh
Presiden Joko Widodo berharap pembangunan jalan tol perdana di Aceh memacu akselerasi pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja.
Presiden Joko Widodo saat meresmikan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang di Provinsi Aceh, Selasa, 25 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Banda Aceh - Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Aceh, Selasa, 25 Agustus 2020.

Jokowi dalam sambutannya, berharap agar pembangunan jalan tol perdana di provinsi tersebut nantinya dapat memacu akselerasi pertumbuhan ekonomi di Bumi Serambi Mekah dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Kita harapkan dengan infrastruktur baru ini akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, ada usaha-usaha baru, ada perluasan usaha dari yang sudah ada, dan kita harapkan akan membangkitkan perekonomian di Aceh secara luas dan tentu saja goal-nya menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya,” katanya.

Jokowi juga menyebutkan, pembangunan infrastruktur di Indonesia tetap harus berjalan mengingat pentingnya hal tersebut bagi negara kita di tengah ketertinggalan infrastruktur dibandingkan negara-negara lainnya.

Kita harapkan akan membangkitkan perekonomian di Aceh secara luas dan tentu saja goal-nya menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya.

Menurut Jokowi, tidak meratanya fasilitas dan pembangunan infrastruktur di negara Indonesia saat ini menjadikan tingginya biaya logistik yang menyebabkan daya saing kita menjadi tidak menguntungkan.

"Selain itu, dalam kondisi seperti saat ini, pembangunan infrastruktur juga menjadi salah satu strategi yang memberikan daya ungkit bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional,” tutur Jokowi.

Baca juga:

Diberitakan sebelumnya, secara keseluruhan, jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh yang diresmikan Presiden Jokowi tersebut terbentang sepanjang 74 kilometer.

Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Aceh yang mendukung jalannya pembangunan tersebut dengan lancarnya proses pembebasan lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan. Menurutnya, pembebasan lahan di Provinsi Aceh untuk pembangunan jalan tol tersebut merupakan yang tercepat.

"Pembebasan lahan yang ada di Provinsi Aceh ini paling cepat sepanjang yang saya tahu. Misalnya yang 74 kilometer ini dari Banda Aceh ke Sigli itu sudah 86 persen. Ini cepat sekali. Konstruksinya bisa mengikuti dengan cepat," ujarnya. []

Berita terkait
Empat Kuliner Aceh Kesukaan Presiden Jokowi
Presiden RI Joko Widodo punya kuliner kesukaan saat berkunjung ke Aceh.
Jokowi Tinjau Pembangunan Tol di Banda Aceh
Presiden Joko Widodo bersama rombongan meninjau pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli. Tol ini merupakan tol pertama di Aceh
Jokowi Sumbang Sapi Kurban untuk Aceh
Sapi yang disumbangkan Presiden Joko Widodo untuk masyarakat Aceh berbobot 856 kilogram dengan harga Rp 85 juta.
0
Wanita, Tersangka Baru Pembunuhan Wartawan Demas Laira
Kepolisian Mamuju Tengah kembali menetapkan satu tersangka baru dalam kasus pembunuhan wartawan Demas Laira.