UNTUK INDONESIA
Empat Kuliner Aceh Kesukaan Presiden Jokowi
Presiden RI Joko Widodo punya kuliner kesukaan saat berkunjung ke Aceh.
Kari Kambing (Foto: Pesona Travel)

Banda Aceh - Membahas tentang sosok Presiden RI Joko Widodo seakan tak ada habisnya. Selain dikenal sebagai sosok yang sederhana, Jokowi juga termasuk salah satu presiden yang suka mencicipi kuliner setiap berkunjung ke daerah-daerah di Nusantara.

Dari provinsi paling ujung barat Sumatera misalnya, ada beberapa kuliner yang menjadi favorit Jokowi. Setiap berkunjung ke sana, sosok kelahiran 21 Juni 1961 itu selalu menyempatkan diri untuk menikmatinya.

Seperti yang diposting di akun twitter pribadinya @jokowi pada Sabtu, 18 Januari 2020, setidaknya ada empat kuliner favorit Jokowi yang dicicipi setiap berkunjung ke Provinsi Aceh.

“Di Banda Aceh ada banyak warung makan dengan sajian yang khas. Saya pernah menikmati enaknya kari kambing dan ayam goreng Rumah Makan Lem Bakrie dan mie Razali,” tulis @jokowi.

“Saya masih akan ke Aceh mencobai aneka makanan dan minuman seperti Kopi Solong, juga ayam dan bebek Bu Si Itiek,” lanjut @jokowi.

1. Kari Kambing

Kuliner AcehKari Kambing (Foto: Pesona Travel)

Di Provinsi Aceh khususnya Kota Banda Aceh, kari kambing dapat ditemukan dengan mudah. Saat ini ada sejumlah warung yang menyediakan kuliner tersebut. Kuliner ini diracik menggunakan bahan-bahan seperti daging kambing, labu air, cabe merah, ketumbar, bawang merah, jahe, lada hitam, biji cengkeh, biji kapulaga, dan sejumlah bahan lainnya.

Selanjutnya, bahan-bahan tersebut diaduk dengan santan dan sejumlah bumbu lainnya, lalu dimasak dan dilakukan proses penyajian. Sajian kari kambing yang istimewa dengan dagingnya yang empuk dan rasa rempah pada kuahnya menyebabkan para pengunjung tidak pernah bosan mencicipi kuliner ini saat berkunjung ke Serambi Mekkah.

2. Ayam Goreng

Kuliner AcehKari Ayam (Foto: Instagram/Keuno.id)

Ayam Goreng merupakan salah satu kuliner khas di Aceh. Kuliner ini terbuat dari daging ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah. Adapun bahan-bahannya antara lain daging ayam, air kepala, daun kari, daun jeruk, daun pandan, jahe, lengkuas, ketumbar bubuk, kunyit bubuk dan sejumlah bahan lainnya.

Sebelum digoreng, daging ayam tersebut terlebih dahulu direbus. Setelah itu, daging ayam digoreng dan kemudian dicampuri dengan semua bahan rempah-rempah tersebut yang telah digoreng. Setelah proses tersebut selesai, maka ayam goreng khas Aceh siap disajikan.

3. Kopi Solong

Kopi SolongKopi Solong (Foto: Pesona Travel)

Kopi dan masyarakat Aceh memang dua hal yang tak dapat dipisahkan. Karena itu, Provinsi Aceh dijuliki dengan Negeri Seribu Kedai Kopi. Bagi masyarakat luar, rasanya kurang lengkap berkunjung ke Aceh jika belum menikmati kopi.

Di Kota Banda Aceh, terdapat beberapa warung kopi yang memiliki rasa khas dan nikmat, salah satunya Kopi Solong. Kedai kopi ini seakan menjadi langganan para pengunjung dari luar saat berkunjung ke Aceh. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai pelancong hingga tamu sekelas presiden.

4. Bu Si Itiek

Kuliner AcehSi Iteik (Foto: Infokuliner.com)

Bu Si Itiek atau nasi bebek merupakan salah satu kuliner khas di Provinsi Aceh. Di Kota Banda Aceh, kuliner ini bisa didapati dengan mudah. Kuliner Bu Si Itiek memang cukup nikmat, dagingnya yang empuk serta aroma karinya yang sedap, membuat pengunjung tak pernah bosan untuk mencicipinya.

Adapun cara penyajian Si Itiek adalah daging bebek dipotong-potong, lalu dicampuri dengan bumbu-bumbu termasuk potongan kentang dan kemudian dimasak. Setelah itu, Si Itiek siap disajikan lengkap dengan nasi. []

Berita terkait
Lewat Twitter, Jokowi Puji Masakan Kuliner Aceh
Jokowi pernah bermukim di Aceh, tepatnya di kawasan Rembele, Kabupaten Bener Meriah.
Gempa 4,5 SR Guncang Aceh
Gempa bumi berkekuatan 4,5 Skala Richter menguncang wilayah Banda Aceh dan sekitarnya. Masyarakat diminta tidak panik.
Polisi Gerebek Gudang Minyak Oplosan di Aceh
Polisi temukan gudang minyak oplosan di Desa Matang Baroh, Kecamatan Lapang Aceh Utara, Aceh.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.