UNTUK INDONESIA
Pertamina Kaji Penghapusan BBM Premium dan Pertalite
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pihaknya tengah mengkaji kebijakan penghapusan BBM jenis Premium dan Pertalite.
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. (Foto: Isntagram/@pertamina)

Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pihaknya tengah mengkaji kebijakan penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite di Indonesia. Pasalnya, menurut Nicke baik Premium maupun Pertalite memiliki Research Octane Number (RON) di bawah standar, yaitu masing-masing 88 dan 90.

Padahal, berdasarkan Peraturan Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2019 standar minimal gasoline yang dijual adalah RON 91.

"Kita akan mencoba melakukan pengelolaan hal ini karena sebetulnya premium dan pertalite ini porsi konsumsinya paling besar," ucap Nicke Widyawati dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), kemarin.

BBMWarga melakukan pengisian BBM secara mandiri (self service) di SPBU 34.403316, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, 17 Februari 2020.(Foto: Antara/Novrian Arbi/aww)

Dalam catatan perseroan, konsumsi dua jenis BBM dengan oktan rendah itu paling laris di antara enam jenis BBM produk Pertamina. Update terakhir Agustus 2020 untuk penjualan BBM jenis Premium mencapai 24.000 Kilo liter (Kl) dan penjualan Pertalite hampir dua kali lipat dari Premium, yaitu mencapai 51.500 Kl.

Sementara itu, penjualan BBM dengan RON di atas 91, yakni jenis Pertamax dengan RON 92 adalah 10.000 Kl dan Pertamax Turbo dengan RON 98 sebesar 700 Kl.

Maka dari itu, perusahaan pelat merah tersebut, menurutnya masih mengkaji dampak jika pada akhirnya dihapus di masyarakat. "Kami juga dorong supaya konsumsi orang yang mampu beralih ke BBM yang ramah lingkungan," tuturnya.

Selain Indoensia, menurut dia masih ada enam negara di dunia yang mengkonsumsi BBM dengan oktan yang rendah. Enam negara tersebut antara lain, yaitu Bangladesh, Mongolia, Mesir, Uzbekistan, Ukraina, dan Kolombia. []

Berita terkait
Selain Indonesia, Ini 7 Negara Konsumsi BBM Premium
PT Pertamina (Persero) mulai meninjau ulang konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite di Indonesia.
Iduladha, Pertamina Penuhi Kebutuhan BBM di Area Tol
PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III memastikan stok BBM di hari raya Iduladha dapat mencukupi kebutuhan msayarakat.
Kritik Stiker BBM di Aceh Tak Ada di Mobil Pejabat
Pemerintah Aceh segera membuat stiker untuk mobil dinas, agar mengantisipasi oknum pejabat menyalahgunakan dalam pengisian BBM di Aceh.
0
Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Jaga Daya Beli Masyarakat
Jokowi meminta pemerintah daerah menjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran agar daya beli masyarakat lekas pulih.