Pernah Tersentak Saat Tidur? Ini Penjelasannya

Pernah mengalami sentakan atau kaget saat sedang tidur? Kebanyakan orang pasti pernah mengalami hal ini.
Ilustrasi tidur. (Foto: Freepik)

Jakarta - Pernah mengalami sentakan atau kaget saat sedang tidur? Kebanyakan orang pasti pernah mengalami hal ini.

Menurut laman Alodokter, kondisi ini biasanya disertai dengan melihat kilatan cahaya yang tiba-tiba juga adanya suara letusan kecil.

Jika seperti ini, bukan tidak mungkin kita pasti langsung terbangun meskipun sudah hampir memasuki gerbang mimpi.

Mengutip informasi dari laman Healthline, kondisi ini disebut hypnagogic jerk (sentakan hipnagogik) atau juga dikenal dengan hypnic jerk. Kejadian ini merupakan kontraksi tubuh yang kuat, tiba-tiba, dan singkat yang terjadi saat tertidur.

Hypnic jerk terjadi di periode transisi antara bangun dan tidur. Kedutan tak disengaja ini menyerupai lompatan yang mungkin Anda alami saat terkejut atau takut.

Sentakan hipnagogik sering terjadi. Penelitian menunjukkan hingga 70 persen individu mengalami kontraksi ini. Namun, tidak setiap momen ini akan membuat Anda langsung terjaga.

Tidak perlu khawatir. Kondisi ini bukan gangguan yang serius, ini hanya fenomena alam dan sangat umum terjadi. Ini tidak menyebabkan komplikasi atau efek samping.

Namun, bagi orang yang mengalami sentakan ini dan terbilang cukup parah, bisa mengakibatkan adanya gangguan dalam berjalan, bicara, atau makan.

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur Nyenyak. (Foto: Business News Daily).

Kondisi ini bukan pertanda adanya masalah. Namun, hypnic jerk tetap memiliki gejala sebagai berikut:

  • Sentakan atau sentakan otot atau bagian tubuh
  • Sensasi seperti sedang jatuh
  • Cahaya sensorik
  • Mimpi atau halusinasi yang mengarah pada keterkejutan, lompatan, atau kejatuhan
  • Napas cepat
  • Detak jantung cepat
  • Berkeringat

Meskipun sudah sering dialami oleh banyak orang, masih belum jelas mengapa sentakan hipnagogik terjadi. Seseorang yang sehat pun bisa mengalami fenomena ini tanpa diketahui penyebabnya.

Penelitian tentang hypnic jerk ini terbatas. Namun, ada beberapa teori yang berisi kemungkinan penyebab sentakan hipnagogik.

1. Rasa Cemas dan Stres

Pikiran yang cemas atau stres dan rasa khawatir dapat membuat otak tetap aktif, bahkan saat otot mencoba untuk rileks saat tertidur. Ini memungkinkan otak mengirimkan sinyal peringatan saat Anda tertidur atau bahkan saat sedang tidur.

2. Stimulan

Kafein dan nikotin dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk tertidur secara alami. Bahan kimia dalam produk ini dapat mencegah otak mencapai tidur nyenyak.

3. Olahraga

Aktivitas fisik harian dapat membantu Anda untuk tidur dengan lebih baik. Namun, olahraga yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat Anda lebih mungkin mengalami hypnic jerk.

4. Kurang Tidur

Gangguan dan kebiasaan tidur yang buruk mungkin terkait dengan sentakan hipnagogik. Hypnic jerk tidak membutuhkan pengobatan. Sebaliknya, perawatan mungkin dibutuhkan untuk mencegah terjadinya sentakan ini.

Tidur tanpa braIlustrasi tidur tanpa bra. (Foto:Pexels/Andrea Piacquaido)

Berikut Tagar rangkumkan langkah-langkah yang dapat membantu Anda tertidur tanpa gangguan:

1. Kurangi Kafein dan Stimulan

Secangkir kopi di pagi hari tidak masalah. Mengonsumsi sesuatu yang mengandung nikotin dan alkohol pun juga begitu. Namun, coba kurangi konsumsinya terutama setelah tengah hari karena ini bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur.

2. Olahraga Lebih Awal

Lakukan olahraga sebelum tengah hari. Jika tidak bisa, coba lakukan bentuk latihan intensitas rendah di malam hari seperti pilates atau yoga.

3. Lakukan Rutinitas Sebelum Tidur

Selama 30 menit sebelum waktu tidur, berhenti main gawai dan matikan lampu. Bantu otak mempersiapkan diri untuk tidur dengan menurunkan penggunaan energi Anda dan bersantai sebelum mencoba menutup mata.

4. Latihan Pernapasan

Saat di tempat tidur, tarik napas selama 10 hitungan, tahan selama 5 hitungan, dan buang napas perlahan selama 10 hitungan. Lakukan ini beberapa kali untuk membantu memperlambat detak jantung, otak, dan pernapasan Anda.

Namun, jika Anda merasa cemas dan mengkhawatirkan kondisi ini karena terlalu sering mengalami sentakan hipnagogik sehingga kurang waktu istirahat, akan lebih baik untuk segera konsultasikan ke dokter.

Mereka mungkin akan meresepkan obat tidur atau obat pelemas otot untuk membantu Anda tidur nyenyak. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Delapan Manfaat Mandi di Malam Hari
Terdapat beberapa manfaat dari mandi malam, seperti dirangkum Tagar berikut ini.
Lima Dampak Negatif Bagi Kesehatan Akibat Begadang⁣
Ini penyakit yang bakal menyerang tubuh jika keseringan begadang di malam hari.
Sering Begadang Berdampak Negatif pada Hubungan Seks
Orang berfikir begadang sudah menjadi lumrah sebagai bagian dari hidup. Padahal, sering begadang bisa berdampak negatif pada hubungan seks.
0
Efek Lockdown Malaysia, Honda dan Toyota Tangguhkan Produksi
Honda dan Toyota menanguhkan produksi kendaraan mereka di Malaysia, setelah negara tersebut me-lockdown wilayahnya 2 Pekan akibat pandemi Covid-19.