UNTUK INDONESIA
Perjalanan Khabib Sang Petarung Islam yang Wajib Diketahui
Khabib Nurmagomedov merupakan seorang petarung muslim pertama yang berhasil menjuarai UFC. Khabib lahir di Rusia pada tahun 1988.
Khabib memutuskan pensiun setelah sang ayah meninggal. (Tagar/Twitter)

Jakarta - Pegulat profesional Khabib Nurmagomedov resmi memutuskan pensiun seusai mengalahkan rivalnya, Justin Gaethje dalam gelaran UFC 254 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Minggu dini hari, 25 Oktober 2020 Waktu Indonesia. Ia juga membeberkan alasan mundur dari kancah UFC.

Dalam pernyataannya, Khabib mengatakan memutuskan pensiun lantaran merasa tidak mungkin bertarung tanpa didampingi sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov, yang meninggal dunia pada 3 Juli 2020 lalu setelah berjuang melawan penyakit jantung dan komplikasi virus corona.

Khabib Nurmagomedov merupakan seorang petarung muslim pertama yang berhasil menjuarai UFC. Pegulat yang memulai debut di usia muda ini memiliki segudang prestasi. Berikut profil lengkap Khabib Nurmagomedov yang perlu anda ketahui.

Khabib Nurmagomedov lahir di Sildi, Distrik Tsumadinsky, Dagestan, Rusia pada 20 September 1988. Pria berkewarganegaraan Rusia ini memiliki nama lengkap Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov dan beragama islam.

Khabib merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, kakak laki-lakinya bernama Magomed dan adik perempuannya bernama Amina. Selain itu, pria yang saat ini berusia 32 tahun ini telah berkeluarga dan memiliki dua orang anak.

Khabib telah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Keuangan dan Ekonomi Makhachkala dan melanjutkan pendidikan di Universitas Ekonomi Rusia Plekhanov. Ia juga mengusai lima bahasa yaitu bahasa Kumyk, Avar, Rusiam Turki dan Inggris.

Khabib dikenal sebagai pegulat profesional, Ia memulai mempelajari seni bela diri sejak kecil karena lingkungan keluarganya yang sangat menyukai seni bela diri. Ayahnya sendirilah, Abdulmanap Nurmagomedov yang melatihnya hingga ia menguasai seni bela diri Judo dan Sambo.

Prestasi yang diraih oleh Khabib sangatlah banyak. Ia memulai debutnya di Mixed Martial Arts (MMA) pada tahun 2008 saat usianya masih 23 tahun dan mendapat julukan The Eagel karena prestasinya yang gemilang.

Pada tahun 2019 ia meraih rekor sebagai pertarung MMA sebanyak 28-0 dan UFC sebanyak 12-0. Sepanjang kariernya sebagai pegulat, ia telah menaklukkan lawannya di ring pertandingan. Mulai dari Kamal Shalorus dan Gleison Tibau pada tahun 2012. Thiago Alvares, Abel Trujillo dan Pat Healy pada tahun 2013. Selain itu, pada tahun 2014 ia juga berhasil mengalahkan Rafael dos Anjos.

Selain prestasi yang telah diraih, Khabib merupakan pemeluk islam yang taat dan memiliki rasa cinta akan negara yang luar biasa. Ia bahkan sempat terlibat kericuhan karena McGregor yang telah menghina agama, orang tua dan keluarganya.

Khabib juga pernah mengalami beberapa cedera yang membuatnya hampir pensiun dini dari dunia MMA. Pada tahun 2014 ligamen lututnya sobek dan pada tahun 2015 tulang rusuknya patah. Namun motivasi dari ayahnya membuatnya terus bangkit. []

Baca juga:

Berita terkait
Khabib Nurmagomedov Minta Dia di Peringkat Pertama Dunia
Sebagai juara sejati Khabib Nurmagomedov meminta kepada UFC agar dia ditempatkan di peringkat pertama petarung dunia
Khabib Nurmagomedov Kalahkan Justin Gaethje di Babak Kedua
Khabib Nurmagomedov resmi memenangkan pertandingan melawan Justin Gaethje didi babak kedua dalam gelaran UFC 254.
Khabib Nurmagomedov Pensiun, Connor McGregor Sambut Baik
Pegulat Connor McGregor menyambut baik keputusan pensiun yang diambil mantan rivalnya, Khabib Nurmagomedov.
0
Wapres Ingin Indonesia Kuasai Produsen Halal Dunia
Wakil Presiden Maruf Amin ingin menjadikan Indonesia sebagai produsen halal terbesar di dunia.