UNTUK INDONESIA
Perempuan di Tegal Tewas Melawan Laju Kereta Api
Perempuan di Tegal berjalan melawan arah kereta api yang tengah melintas. Korban diduga mengalami depresi.
Jenazah korban dimasukkan ke kantong jenazah usai tertabrak kereta api Joglosemarkerto di Desa Tembok Lor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Rabu malam, 29 Januari 2020. ‎(Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - ‎Seorang perempuan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, nekat melawan laju kereta api (KA) yang tengah melintas di wilayah Desa Tembok Lor, Kecamatan Adiwerna. Akibatnya perempuan bernama Jamilah 41 tahun, tewas dengan kondisi tubuh mengenaskan. 

Korban diketahui tercatat sebagai warga Desa Bandasari, Kecamatan Dukuhturi. Kejadian tersebut berlangsung Rabu, 29 Januari 2020, sekira pukul 19.30 WIB. Diduga Jamilah depresi sehingga nekat menabrakkan diri ke kereta yang berjalan dari arah berlawanan. 

Korban sudah diperingatkan ada kereta yang akan lewat, klakson kereta juga sudah bunyi, tapi terus berjalan. Akhirnya tertabrak.

Menurut penuturan sejumlah warga, ‎sebelum kejadian korban terlihat berjalan kaki menyusuri rel dari arah utara. Di saat bersamaan, melintas KA Joglosemarkerto jurusan Yogyakarta-Semarang dari arah selatan atau Purwokerto. Korban sudah diperingatkan warga agar minggir dari rel namun tak diindahkan.

"Korban sudah diperingatkan ada kereta yang akan lewat, klakson kereta juga sudah bunyi, tapi terus berjalan. Akhirnya tertabrak," kata warga sekitar bernama Nur Kholid 40 tahun.

Akibatnya, korban tewas mengenaskan dengan kondisi tubuh yang tidak utuh lagi. Kejadian nahas tersebut kemudian dilaporkan warga ke petugas jaga di pos perlintasan KA Ujungrusi yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi kejadian.

‎Petugas jaga pos perlintasan Ujungrusi, Dedi mengatakan, korban dilihat warga terus berjalan di atas rel kendati sudah diperingatkan akan ada kereta yang melintas.

"Korban dari Maghrib terlihat warga sudah berjalan di rel. Sudah diingatkan ada kereta tapi tetap berjalan sambil terus menunduk. Kemungkinan depresi," ujar Dedi.

Salah seorang tetangga korban, ‎Hafidz, 55 tahun, menyebut korban sore sebelum kejadian pamit hendak pergi ke Pasar Bawang Adiwerna. "Biasanya dia memang sering ke saudaranya di Pasar Bawang," ungkapnya.

Kapolsek Adiwerna AKP Sehroni mengatakan,‎ selain keterangan saksi-saksi, identitas korban dipastikan dari kartu tanda penduduk yang ditemukan di lokasi kejadian. "Korban bernama Jamilah, usia 41 tahun, warga Desa Bandasari, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal,” ujarnya.

‎Menurut Sehroni, setelah diperiksa tim identifikasi Polres Tegal, jenazah korban dievakuasi ke RSUD dr Soeselo, Slawi.‎ "Kami bawa ke RS untuk divisum," tambahnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Pulang Kerja, Perempuan Tegal Tewas Tertabrak Kereta
Usai menabrak Agya, KA Joglosemarkerto menabrak perempuan pekerja yang mengendarai motor di Tegal. Korban meninggal di tempat.
Kereta Api Tabrak Agya di Tegal, 3 Penumpang Selamat
KA Joglosemarkerto menabrak Agya di Tegal karena petugas perlintasan kereta lupa menutup palang pintu. Beruntung tiga penumpang Agya selamat.
Mobil Ditabrak Kereta Api di Padang, Sopir Selamat
Satu unit mobil di Kota Padang, Sumatera Barat, dihantam Kereta Api. Beruntung pengemudi selamat karena cepat ke luar dari mobil.
0
Banjir di Sumbawa NTB Tewaskan Satu Bocah SD
Bocah kelas 4 SD warga Dusun Untir, Desa Uma Beringin, Kecamatan Untir Iwes, Kabupaten Sumbawa, meninggal dunia akibat hanyut terbawa air banjir.