UNTUK INDONESIA
Dunia Kereta Api Dikenalkan ke Anak-anak Cirebon
PT KAI Daop 3 Cirebon mengajak 300 anak kurang mampu Cirebon bersenang-senang dalam Edu Train.
PT KAI memberikan santunan berupa paket nutrisi kepada 300 anak binaan Yayasan Cirebon Peduli Anak Bangsa (YCPAB) di Stasiun Cirebon, Kamis, 12 Desember 2019. (Foto: Tagar/Charles)

Cirebon - Dunia perkeretaapian dikenalkan ke anak-anak Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dikemas secara menyenangkan oleh PT Kereta Api (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon dalam Edu Train. 

Ada sekitar 300 anak binaan Yayasan Cirebon Peduli Anak Bangsa (YCPAB), yang diajak dalam edukasi kereta di Stasiun Cirebon. Mereka dikenalkan tentang tata cara menempuh perjalanan menggunakan kereta api hingga sosialisasi keselamatan perkeretaapian.

Dikenalkan pula profesi di lingkungan PT KAI. Di antaranya masinis, kondektur, petugas pengatur perjalanan kereta api (PPKA), customer service dan polisi khusus kereta api (Polsuska). Edu Train lebih semarak dengan pembagian berbagai hadiah bersama maskot KAI Si Loko.

Kami ingin menanamkan nilai-nilai tentang saling berbagi dan menghargai sesama.

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi menyatakan Edu Train dimaksudkan agar anak-anak dapat turut serta berperan dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api. Seperti mencegah kegiatan vandalisme, tidak melempari kereta, tidak memasang batu di rel KA ataupun tidak bermain di sekitar jalur rel KA.

"Anak-anak juga diajarkan untuk selalu berhati-hati dan tertib berkendara saat melintasi perlintasan sebidang kereta api," kata dia, Kamis, 12 Desember 2019. 

Dalam kesempatan tersebut, bersama instansi lain, Daop 3 Cirebon juga memberikan santunan berupa paket nutrisi kepada anak-anak. Kegiatan tersebut terdorong oleh semangat untuk berempati dan memberikan rasa kepedulian lebih kepada anak-anak tidak mampu. 

"Kami ingin menanamkan nilai-nilai tentang saling berbagi dan menghargai sesama," tutur dia.

Baca juga: 

Berita terkait
Natal Tahun Baru, KAI Daop 3 Cirebon Siagakan K-9
PT KAI Daop 3 Cirebon akan maksimal memberi pelayanan menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. 455 petugas keamanan akan dikerahkan.
Dirut KAI Cek Daop 5 Purwokerto Hadapi Nataru
Dirut PT KAI Edy Sukmoro mengecek kesiapan KAI Daop 5 Purwokerto menghadapi libur Nataru. Ia meminta titik rawan bencana diperhatikan.
PT KAI Kerahkan 12.931 Petugas Amankan Titik Rawan
PT KAI mendata terdapat 351 titik rawan bencana serta kriminal di seluruh Jawa dan Sumatera yang perlu mendapatkan perhatian ekstra.
0
Mobil Balap F1 Tes Pramusim di Barcelona
Mobil-mobil baru Formula 1 akan berbarengan membuat bising Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, untuk menjalani tes pramusim