UNTUK INDONESIA
Perbanyak Salat Sunah pada Bulan Puasa
Bagi muslimin yang menjalankan ibadah puasa perbanyaklah amalan lain. Satu di antaranya kita menunaikan salat Tasbih.
Ilustrasi. (Foto: pixabay)

Jakarta - Bagi muslimin yang menjalankan ibadah puasa perbanyaklah amalan-amalan lain agar pahala kita kian bertambah sebagai tabungan kita di akhirat kelak. Satu di antara ibadah yang bisa kita lakukan pada bulan puasa ini adalah salat Tasbih.

  • Salat Tasbih

Salat Tasbih adalah salat sunah yang baik dilakukan saat bulan Ramadan. Salat Tasbih ini dilakukan dengan membaca kalimat .

“Subhanallahu wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 300 kali dalam 4 rakaat, yaitu dilakukan 75 kali tasbih setiap rakaatnya. 

Tata cara salat Tasbih sama dengan salat sunah lainnya, tapi yang membedakannya adalah bacaan Tasbih yang dilantunkan setiap melakukan gerakan salat 

Salat Tasbih ini boleh dilakukan pada siang hari atau malam hari. Jika dilakukan pada siang hari, maka salat  Tasbih ini dilakukan 4 rakaat dengan sekali salam, tetapi jika dilakukan saat malam hari, maka dilakukan dua kali salam.

Salat Tasbih adalah salat sunah. Namun, sangat dianjurkan untuk paling tidak pernah melakukan salat Tasbih sekali dalam seumur hidup. Saat bulan Ramadan ini, kamu bisa melakukan salat Tasbih seusai salat Tarawih.

Sholat Tasbih ini akan sangat berguna untuk mengisi timbangan amal saat perhitungan pada hari akhir. Selain itu, salat Tasbih juga bisa menjadi penghapus dosa, penghindar kesedihan dan penyakit berat. Bahkan, di surga kelak, umat muslim yang melaksanakan salat Tasbih dijanjikan satu pohon kurma di surga.

  • Salat Tahajud

Tidak hanya pada saat bulan Ramadan, sholat Tahajud memang sangat disarankan untuk dilakukan kapan pun. Salat yang dilaksanakan pada tengah malam setelah bangun tidur dan sebelum Subuh ini sangat baik dan efektif dilakukan pada bulan Ramadan ini. 

Sebelum menyantap makan sahur, ada baiknya kamu melaksanakan Sholat Tahajud dengan minimum 2 raka’at dengan maksimal tidak terbatas. 

Namun, untuk melakukan salat Tahajud ini pastikan terlebih dahulu kamu sudah tertidur sebelumnya, walaupun hanya tidur singkat. 

Sholat Tahajud ini sangat bermanfaat untuk menghindari dari berbagai bencana, keringanan hisab, jaminan masuk surga, menenangkan pikiran, menjaga kesehatan, mengangkat derajat, menyinari wajah, serta bisa mengabulkan doa dan permintaan.

  •  Salat Duha

Ketika Ramadan ini, cobalah untuk memperbanyak salat sunnah, seperti salat Duha yang dilakukan setelah matahari terbit menjelang salat Zuhur. Sholat Duha ini bisa kamu lakukan setibanya di kantor, yaitu sekitar pukul 9 pagi sebelum memulai aktivitas. Salat Duha ini sangat berguna untuk membangun rumah di surga, dan bahkan pahalnya setara dengan pahala ibadah Umrah.

  • Salat Taubat

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Nah, untuk menghapus dosanya tersebut disarankanlah untuk melakukan Sholat Taubat untuk meminta ampun dari Allah. Salat Taubat ini disarankan dilakukan di malam hari setelah Sholat Tarawih untuk mendapatkan waktu yang khusyu dan tenang. Bahkan, untuk orang yang benar-benar bersungguh-sungguh untuk bertaubat akan lahir kembali layaknya seorang bayi yaitu tanpa dosa.

  • Salat Qabliyah dan Sholat Ba’diyah

Ada baiknya pula setiap sebelum dan sesudah sholat wajib untuk melaksanakan sholat sunnah Qabliyah dan Ba’diyah. Salat Qabliyah dilakukan sebelum sholat wajib sedangkan salat Ba’diyah setelah sholat wajib. Setiap waktu Sholat memiliki raka’at dan aturan salat Qabliyah dan Sholat Ba’diyahnya masing-masing. Salat ini sangat berguna untuk membangun rumah atau istana di surga.

DoaIlustrasi. (Foto: dream)

  • Salat Wudu

Setelah berwudu, ada baiknya juga untuk melakukan salat Wudu yang sangat berguna untuk menghapus dosa-dosa sebelumnya. Salat Wudu dilakukan dua rakaat sebelum melakukan salat Qabliyah dan juga sebelum melaksanakan sholat wajib lima waktu.

  • Salat Tahiyatul Masjid

Saat bulan Ramadan biasanya kunjungan ke masjid menjadi lebih sering, terutama saat melaksanakan salat Tarawih. Oleh sebab itu, saat tiba di masjid, ada baiknya untuk langsung melakukan salat Tahiyatul Masjid dua rakaat sebelum duduk di masjid tersebut.

  •  Salat Tarawih

Sholat Tarawih adalah sholat yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Ramadan karena salat Tarawih ini hanya bisa dilakukan pada bulan Ramadan. Salat Tarawih ini sangat dianjurkan untuk dilakukan berjamaah di masjid dengan minimum rakaat 11. 

Salat Tarawih ini sangat berbeda-beda manfaatnya setiap harinya, mulai dari mengampuni dosa diri sendiri, mengampuni dosa orang tua, pahala yang sama dengan pahala ibadah Nabi Muhammad SWT, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk tidak pernah meninggalkan Sholat Tarawih di bulan Ramadan ini.

  •  Salat Hajat

Setiap orang pasti memiliki permintaannya masing-masing. Dalam Islam, permohonan yang paling baik adalah ditujukan kepada Allah, salah satunya dengan melakukan salat Hajat. Salat Hajat boleh dilakukan siang atau malam hari dengan tujuan untuk mengambulkan permintaan dan juga mengusir kesulitan dalam mencapai tujuan atau permintaan tersebut.

Yuk , perbanyak ibadah salat sunah pada bulan Ramadan ini. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Kapitalisasi Pasar Unilever Salip Emiten BUMN, Hanya Sesaat?
Sulit mengukur jangka waktu naiknya kapitalisasi pasar emiten yang menyalip emiten lain seperti Unilever yang mengungguli Bank Mandiri dan Telkom.