Penyelenggara Jalan Tol, Ini Profil Perusahaan Jasa Marga

Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) merupakan BUMN yang bergerak di penyelenggara jasa jalan tol yang didirikan tanggal 1 Maret 1978. Ini profilnya.
Logo PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR). (Foto: Tagar/Facsekuritas)

Jakarta - Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang penyelenggara jasa jalan tol. Didirikan pada tanggal 1 Maret 1978 dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun 1978. Kantor pusat JSMR beralamat di Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta 13550 – Indonesia.

Pada awal berdirinya, Perseroan berperan tidak hanya sebagai operator tetapi memikul tanggung jawab sebagai otoritas jalan tol di Indonesia. 

Hingga tahun 1987 Jasa Marga adalah satu-satunya penyelenggara jalan tol di Indonesia yang pengembangannya dibiayai Pemerintah dengan dana berasal dari pinjaman luar negeri.

Perusahaan ini juga penerbitan obligasi Jasa Marga dan sebagai jalan tol pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh Perseroan, Jalan Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) merupakan tonggak sejarah bagi perkembangan industri jalan tol di Tanah Air yang mulai dioperasikan sejak tahun 1978.

Pemegang saham pengendali Jasa Marga (Persero) Tbk adalah Negara Republik Indonesia, dengan persentase kepemilikan sebesar 70,00 %. Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan JSMR adalah turut serta melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya.

Khususnya pembangunan dibidang pengusahaan jalan tol dengan sarana penunjangnya dengan menerapkan prinsip-prinsip perusahaan terbatas.

Sebagai perusahaan jalan tol pertama di Indonesia, dengan pengalaman lebih dari 32 tahun dalam membangun dan mengoperasikan jalan tol, saat ini Jasa Marga adalah pimpinan dalam industrinya dengan mengelola lebih dari 531 km jalan tol atau 76 % dari total jalan tol di Indonesia.

Sebagai perusahaan infrastruktur penyedia jalan tol keberadaan Jasa Marga sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Pertumbuhan penjualan kendaraan yang tinggi serta kebijakan otoritas pengatur jalan tol yang semakin kondusif akan membuat posisi Jasa Marga semakin kuat dalam industri jalan tol di Indonesia.

(Emilya Rahmawati)

Berita terkait
Apa Itu Sekuritas dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Cara kerja sekuritas ini terbilang sedikit cukup mudah. Sebelum memberikan return, sekuritas akan ditawarkan kepada investor terlebih dahulu.
Tuai Banyak Prestasi, Ini Profil Mirae Asset Sekuritas Indonesia
Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan salah satu perusahaan sekuritas terkemuka yang telah terdaftar dan diawasi di Otoritas Jasa Keungan OJK.
Jadi Sekuritas Terbaik, Begini Profil NH Korindo Sekuritas
NH Korindo Sekuritas Indonesia merupakan perusahaan patungan dengan grup Korindo di Indonesia yang telah didirikan sejak tahun 1990.Ini profilnya.
0
Penyelenggara Jalan Tol, Ini Profil Perusahaan Jasa Marga
Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) merupakan BUMN yang bergerak di penyelenggara jasa jalan tol yang didirikan tanggal 1 Maret 1978. Ini profilnya.