UNTUK INDONESIA
Penyebab dan Solusi Mencerahkan Kulit Ketiak Hitam
Kulit ketiak menghitam tentu menjadi persoalan yang kerap kali dikeluhkan semua orang. Berikut penyebab dan solusi mencerahkan ketiak hitam.
Ilustrasi Kulit Ketiak Menghitam. (Foto: Freepik/drobotdean)

Jakarta - Kulit ketiak menghitam atau gelap tentu menjadi persoalan yang kerap kali banyak dikeluhkan semua orang, khususnya kaum hawa. Masalah kulit ketiak ini bisa membuat rasa percaya diri menurun hingga penampilan juga terganggu. Segala cara telah dilakukan untuk mengatasinya, tetapi tak juga menunjukkan perubahan.

Banyak orang berusaha mencerahkan kulit ketiak yang sudah menghitam itu dengan cara alami hingga produk-produk skincare lainnya, namun tidak tahu penyebab permasalahan kulit ini bisa terjadi. 

"Bicara soal ketiak, kulit ketiak ini berbeda dengan kulit kita pada bagian lainnya. Kalau di ketiak banyak lipatannya, kemudian lebih tertutup. Jadi, ketika Anda bergerak lipatan-lipatan kulit ini akan bergesekan. Nah, inilah yang menyebabkan rentan terjadinya penggelapan di area sana," kata Dokter Sungandi Santos melalui channel YouTube SB30 Health, seperti yang dikutip Tagar, Rabu, 9 September 2020.

Dokter Sung begitu panggilan akrabnya itu menyebutkan ada beberapa penyebab ketiak menjadi menghitam atau gelap. Berikut Tagar berikan ulasannya. 

1. Kebiasaan Mencukur

Kebiasaan mencukur ini bisa menjadi salah satu penyebab kulit ketiak menjadi menghitam. Kebanyakan wanita selalu kerap kali mencukur bulu ketiaknya dan tanpa mereka sadari bisa menimbulkan berbagai masalah seperti ketiak gelap dan iritasi. 

Dokter Sung menyarankan mencukur bulu ketiak tidak boleh sembarangan dan harus mengetahui triknya agar kulit ketiak tidak iritasi hingga menghitam. 

"Cara mencukur rambut di ketiak juga harus diperhatikan. Kalau tumbuhnya rambut di ketiak kan berbeda setiap orang ada yang ke atas, ke samping. Jadi cukurnya perlahan dan ikuti arah tumbuh rambut," ujar dia. 

Bila ingin mencukur bulu ketiak, Anda harus menggunakan krim yang cocok. Ini juga perlu diperhatikan dan tidak boleh diabaikan begitu saja. "Jangan gunakan krim sembarangan, ya sekali lagi dites juga cocok gak dengan kulit Anda. Kalau asal cukur akhirnya terjadi iritasi. Kalau sudah terjadi iritasi, penyembuhan nanti akan ke arah penggelapan namanya PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation)," ucap dr. Sung.

2. Kebiasaan Memakai Deodoran

Menurut dr. Sung, cara memakai deodoran juga perlu diperhatikan karena harus disesuaikan dengan jenis kulit ketiak. Biasanya deodoran yang tidak cocok bisa membuat kulit ketiak menghitam.

"Mungkin deodorannya gak masalah tapi Anda tidak cocok dengan deodoran tersebut atau cara penggunaannya aja yang keliru, digosokkan berulang kali. Antiperspirant juga seperti itu, kalau terlalu banyak menyebabkan kulit Anda kering," tuturnya. 

Biasanya orang tidak bisa membedakan antara deodoran dan antiperspirant sehingga permasalahan kulit ketiak pun terjadi. "Kalau deodoran ini untuk mengontrol bau badan. Jadi dia ke arah membunuh bakterinya. Antiperspirant ini untuk mengurangi keringat yang berlebihan. Nah, kalau Anda yang keringatnya sedikit, tidak perlu sebenarnya menggunakan antiperspirant," kata dr. Sung. 

3. Jarang Dibersihkan

Bila ketiak jarang dibersihkan juga bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi gelap. Semakin menumpuknya kotoran di ketiak, kulit akan menjadi lebih hitam dan kusam. 

Solusi pertama untuk mengatasi kulit ketiak menghitam ini yaitu menggunakan krim saat mencukur dan memakai deodoran atau antiperspirant yang secukupnya. 

"Jadi saran saya buat Anda kalau di malam hari sebaiknya sudah tidak perlu digunakan lagi. Jadi biarkan kulit ketiak Anda beristirahat, kecuali Anda harus bertemu orang lagi, harus meeting lagi silakan," ucap dr. Sung. 

Anda juga bisa mengatasi kulit menghitam dengan cara metode scrub sebanyak 1 hingga 2 minggu sekali dan lakukan perlahan untuk mencegah terjadinya iritasi kulit. Terakhir, Anda bisa menggunakan buah Apel yang sudah di blender dan menempelkannya ke kulit ketiak. Tunggu hingga apel mengering, lalu bersihkan.

"Apel sendiri mengandung antioksidan dan vitamin C. Ini juga bisa membantu mencerahkan ketiak Anda," tutur dr. Sung. []

Baca juga:

Berita terkait
Risiko Mencabut Bulu Ketiak yang Harus Diwaspadai
Mencabut bulu ketiak mungkin telah menjadi hal yang sudah biasa dilakukan wanita. Namun, ini bisa menimbulkan risiko buruk terhadap kesehatan.
Beragam Manfaat Deodoran Selain Mencegah Bau Ketiak
Selain mencegah bau tak sedap pada ketiak, nyatanya deodoran memiliki berbagai manfaat lainnya. Berikut ulasan mengenai manfaat lain deodoran.
Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Cepat dan Aman
Resah dengan bulu ketiak? Inilah cara menghilangkan bulu ketiak dengan cepat, aman, dan nyaman. Bahan-bahannya ada di sekitar Anda.
0
Penyebab dan Solusi Mencerahkan Kulit Ketiak Hitam
Kulit ketiak menghitam tentu menjadi persoalan yang kerap kali dikeluhkan semua orang. Berikut penyebab dan solusi mencerahkan ketiak hitam.