UNTUK INDONESIA
Tips Alami Menghilangkan Bau Ketiak
Bau ketiak bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Namun, dengan bahan alami ternyata masalah ini bisa teratasi.
Ilustrasi Menghilangkan Bau Ketiak. (Foto: freerecipehealthbeauty.blogspot.com)

Jakarta - Bau ketiak bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang ketika berada di dalam keramaian atau di lingkungan kerja. Namun jangan khawatir, masih ada berbagai cara alami yang mampu menghilangkan aroma tak sedap itu.

Bau ketiak umumnya disebabkan karena tubuh dipenuhi kelenjar keringat yang berfungsi mendinginkan tubuh di saat tertentu. Berikut Tagar berikan ulasan mengenai tips alami menghilangkan bau ketiak.

1. Lidah Buaya

Kandungan antioksidan dan antibakteri yang ada di dalam lidah buaya berperan aktif untuk menghilangkan bau ketiak. Caranya mudah, hanya perlu mengoleskan gel aloe vera ke area ketiak dan diamkan semalaman, setelah itu bilas hingga bersih.

2. Kentang

Menggunakan kentang juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menghilangkan bau ketiak. Caranya, cukup mengiris kentang dan kemudian aplikasikan pada ketiak. Lalu, tunggu beberapa waktu hingga kering, setelah itu gunakan deodoran.

Kentang memang bermanfaat untuk mengendalikan produksi keringat dan mencegah bakteri yang ada di ketiak. Bahan alami ini akan menurunkah pH kulit di ketiak akibat kandungan asam yang dimilikinya.

3. Cuka Apel

Mengaplikasikan cuka apel pada ketiak dengan menggunakan kapas, ternyata mampu mengatasi bau badan. Cara ini bisa dipraktikan dua kali sehari, namun jangan terlalu banyak karena cuka apel memiliki aroma kurang sedap.

4. Minyak Atsiri (Essential Oil)

Minyak atsiri (essential oil), seperti lavender dan tea tree ternyata mampu menghilangkan bau ketiak. Hal tersebut dikarenakan kandungan antibakteri yang ada dalam minyak membantu pencegahan bakteri yang berkembangbiak di ketiak.

Caranya dengan mencampur minyak atsiri dengan air, lalu tempatkan di botol, dan semprotkan ke ketiak dua kali sehari. Minyak ini juga wangi sehingga dapat mengatasi bau badan.

5. Soda Kue

Selain bermanfaat untuk makanan, soda kue juga bisa menghilangkan bau ketiak. Bahkan, juga bisa membuat ketiak tetap kering dan bebas dari keringat. 

Caranya cukup memadukan soda kue dengan ekstrak lemon. Lalu, aplikasikan ke ketiak selama dua sampai tiga menit sebelum membilasnya.

6. Bahan Pakaian

Selain bisa mempercantik penampilan, memilih bahan pakaian juga perlu diperhatikan agar badan tidak menjadi bau.

Pilihlah bahan pakaian yang membuat kulit masih bisa bernapas, seperti linen atau katun. Hindari juga pakaian yang terlalu ketat dan pastikan ketiak bisa leluasa bernapas meski saat beraktivitas.

7. Jaga Kebersihan Tubuh

Jaga kebersihan tubuh tentu sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Selain menyehatkan, cara ini juga mampu menghilangkan bau ketiak. Apalagi ketika melakukan aktivitas berat seperti olahraga. []

Baca juga:

Berita terkait
Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit Gerd
Gejala Gastroesophageal Reflux Disease atau yang dikenal GERD kerap kali diabaikan seseorang. Padahal penyakit tersebut tidak bisa dibiarkan.
Mencium Aroma Lemon Tubuh Lebih Langsing
Sebuah penelitian memperlihatkan mencium aroma lemon ternyata bisa membuat seseorang merasa lebih langsing.
Tips Memilih Sunscreen Kulit Rentan Jerawat
Para perempuan harus mulai pintar memilih sunscreen khusus untuk merawat kulitnya yang rentan berjerawat. Berikut ulasannya.
0
KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Suap Lapas Sukamiskin
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas izin keluar Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.