UNTUK INDONESIA
Penyebab Berat Badan Terus Naik yang Perlu Dipahami
Banyak orang yang selalu gagal menurunkan berat badan. Namun, apakah penyebab yang membuat berat badan terus naik? Ini penjelasannya.
Ilustrasi Berat Badan. (Foto: lifepack.id)

Jakarta - Banyak orang yang selalu gagal menurunkan berat badan. Kondisi ini tentu membuat mereka menjadi patah semangat untuk memperoleh bentuk badan yang ideal. Namun, apakah penyebab dan kebiasaan buruk yang membuat berat badan terus naik dan susah turun meski sudah diet? 

Menurut Dokter Umum Adrian Setiaji, ada beberapa penyebab yang membuat seseorang tersebut susah menurunkan berat badan. Berikut ulasannya:

1. Banyak Konsumsi Garam

Garam berfungsi mengikat cairan ke dalam sel-sel di tubuh. Hal ini memang sangat penting, tetapi jika Anda mengonsumsi berlebihan tentu cairan yang terikat dalam sel tubuh akan ikut meningkat. Sehingga efeknya dapat menaikkan berat badan.

2. Kekurangan Minum Air Putih

Jika tubuh kekurangan cairan, tentu akan mempengaruhi sistem metabolisme dalam tubuh. Apabila asupan cairan tidak tercukupi kemungkinan akan membuat nafsu makan berlebihan.  

"Untuk air ini memang penting bagi tubuh kita karena membantu untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh dan mengurangi rasa lapar kita," ujar dr. Adrian melalui channel YouTube DokterSehat, seperti yang dikutip Tagar, Jumat, 4 September 2020. 

Memang dia mengakui kebutuhan cairan tubuh setiap orang berbeda-beda. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk menghitung jumlah kebutuhan cairan yang harus masuk ke dalam tubuh. 

"Cara menghitungnya dapat menggunakan rumus 40 cc atau mililiter per kg berat badan kita dalam satu hari. Sebagai contoh berat badan saya sekitar 70 kg, jadi untuk sehari saya membutuhkan sebanyak 2.800 cc atau mililiter air dalam sehari," ucap dokter yang juga aktif sebagai influencer itu. 

3. Stres

Stres bisa membuat kadar hormon kortisol dan neuropeptida meningkat. Bila kedua hormon tersebut meningkat, tentu dapat memperlambat proses metabolisme dalam tubuh. Akibatnya distribusi lemak dalam tubuh juga akan meningkat, dan akhirnya berat badan bertambah. 

4. Kekurangan Konsumsi Protein

Bila tubuh kekurangan protein, Anda akan kesulitan menurunkan berat badan. Sebab, nutrisi ini sangat bermanfaat dalam pertumbuhan dan perkembangan massa otot dalam tubuh. 

"Massa otot yang baik dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita dan meningkatkan pembakaran lemak yang terjadi dalam tubuh sehingga dapat membantu kita untuk mengontrol berat badan," ucap dr. Adrian.

5. Makan Berlebihan Setelah Berolahraga

Bila Anda makan berlebihan setelah menjalankan aktivitas olahraga, pastinya berat badan akan susah turun. Dampak dari makan berlebihan ini, tentu saja bisa menambah berat badan. 

"Biasanya di antara kita kalau mau menurunkan berat badan pasti melakukan olahraga dengan giat. Tetapi sering juga sehabis olahraga biasanya lapar, makannya juga akan berlebihan. Kalori yang keluar saat olahraga, tidak seimbang dengan kalori yang masuk," ujarnya. 

6. Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat

Dokter Adrian mengingatkan untuk mengurangi atau membatasi asupan karbohidrat, bila ingin proses penurunan berat badan Anda berhasil. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi itu seperti, nasi putih, jagung, sagu, dan sebagainya. 

"Cobalah untuk kurangi maupun batasi konsumsi karbohidrat. Misalnya saja jika kalian terbiasa mengonsumsi sebanyak 2 centong nasi, bisa dikurangi menjadi satu centong nasi saja. Makanan yang berkarbohidrat tinggi tersebut dapat meningkatkan berat badan kita dan meningkatkan distribusi lemak dalam tubuh," tutur dr. Adrian. []

Baca juga:

Berita terkait
Kenali Penyebab dan Gejala Darah Rendah
Tekanan darah rendah atau hipotensi memang tidak memandang golongan usia hingga jenis kelamin. Sehingga penting mengetahui penyebab dan gejalanya.
Mengenal Penyebab Mimpi Basah yang Perlu Dipahami
Bagi kebanyakan pria pasti pernah mengalami mimpi basah. Mengapa mimpi basah itu bisa terjadi? Ini penjelasannya.
Penyebab dan Cara Sehat Mengatasi Insomnia
Insomnia menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap kali dikeluhkan oleh banyak orang. Berikut penyebab dan cara mengatasinya.
0
Hutan Bakau Lubuk Kertang di Langkat Dirusak 104 Pabrik Arang
Kelompok Tani dan Nelayan Lestari Mangrove di Langkat, Sumatera Utara, meminta petugas kepolisian menangkap pelaku pencurian kayu bakau.