UNTUK INDONESIA
Pengurus Ponpes Lirboyo Kediri Dukung Gus Muwafiq
Kunjungan Gus Muwafiq ke Ponpes Lirboyo untuk sowan sekaligus meminta maaf terkait materi ceramahnya yang membuat gaduh.
Gus Muwafiq saat menemui pengurus Ponpes Lirboyo Kediri. (Foto: Tagar/Fendhi Lesmana)

Kediri - Pasca penolakan ceramah di Solo, KH Ahmad Muwafiq atau lebih dikenal Gus Muwafiq mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kediri, Senin 9 Desember 2019. Kedatangan Gus Muwafiq di Ponpes Lirboyo didampingi Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) KH Abdusalam Sokhib.

Pengurus Ponpes Lirboyo, Kediri, Jatim, Oing Abdul Muid Shoib mengatakan kedatangan Gus Muwafiq untuk sowan. Abdul Muid mengaku Ponpes Lirboyo memberikan dukungan kepada Gus Muwafiq untuk tetap terus berdakwah, meski pun saat ini sedang tersandung sebuah masalah.

Mohon maaf telah ada kegaduhan yang bersumber darinya.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kota Kediri ini, Gus Muwafiq juga menyampaikan permohonan maaf lantaran ceramahnya telah menimbulkan kegaduhan.

"Mohon maaf telah ada kegaduhan yang bersumber darinya. Beliau juga meminta maaf kalau ada pemilihan kata yang ada salah satu cerahmanya kemudian disalahpahami. Beliau juga sudah mengatakan kalau memang itu salah dia meminta maaf, juga bertaubat," ujarnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung lebih dari satu jam tersebut, para Masayekh memberikan petuah atau nasehat agar Gus Muwafiq tidak berhenti untuk terus belajar dalam menggali ilmu agama tentang khasanah pesantren.

"Apresiasi kepada Gus Muwafiq yang mau meminta maaf, mau menyampaikan taubat kalau itu memang dianggap salah. Para Masayekh memberikan dukungan kepada Gus Muwafiq terus berdakwah menebarkan risalah Nabi tentu dengan bahasa yang mungkin tidak terulang lagi seperti kemarin," ucapnya.

Tidak hanya itu, pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri juga mengimbau kepada warga NU untuk tetap mendukung dakwah Gus Muwafiq. 

Sementara KH An'Im Falahudin Mahrus menjelaskan, jika tujuan kedatangan Gus Muwafiq adalah untuk bersilahturahmi sekaligus Tabayun agar umat tidak salah persepsi saat ia menyampaikan ceramahnya. Ia berharap, Gus Muwafiq tetap tegar dalam menghadapi masalahnya dan terus melakukan dakwahnya.

"Mungkin dengan kejadian seperti ini, ada instropeksi agar lebih berhati-hati dalam memilih bahasa," tutur KH An'Im. []

Berita terkait
Polisi Periksa Lamborghini Terbakar di Surabaya
Polda Jatim mempertanyakan legalitas Lamborghini yang terbakar di Surabaya, seperti terkait kepemilikan STNK dan BPKB.
SAR Gabungan Cari Remaja Hanyut di TNAP Banyuwangi
SAR Gabungan melakukan pencarian dengan menyisir sekitaran Pantai Trianggulasi, TNAP Banyuwangi lokasi terdekat tiga korban hanyut.
4 Tahanan Polresta Malang Kabur Gunakan Kain Jemuran
Empat tahanan kabur setelah menggergaji besi atap ruang tahanan dan membengkokkannya.
0
Persiraja Vs Bhayangkara FC, Belum Tentukan Tim Inti
Pelatih Persiraja Banda Aceh Hendri Susilo belum menemukan tim inti atau starting eleven menjelang laga perdana melawan Bhayangkara FC, malam ini.