Pengamat: KSAL Yudo Panglima TNI, Aktivis 98 Jubir Presiden

Fernando menegaskan, Presiden Jokowi sebagai orang yang taat kepada Undang-Undang akan tunduk pada ketentuan yang diatur oleh UU TNI.
Direktur Rumah Politik Indonesia. Fernando Emas.

Jakarta - Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas mengatakan, pada reshuffle yang akan datang sudah hampir dapat dipastikan posisi Panglima TNI yang ditinggalkan oleh Hadi Tjahjanto akan diisi oleh KSAL Yudo Margono.

Menurutnya, Presiden Jokowi sebagai orang yang taat kepada Undang-Undang akan tunduk pada ketentuan yang diatur oleh UU TNI. Berdasarkan UU matra, AL berkesempatan mengisi posisi posisi panglima TNI. Selain itu Presiden Jokowi juga berkepentingan untuk menjaga soliditas dukungan TNI.

"Andika Perkasa yang sangat memahami UU akan menerima matra AL untuk mengisi posisi Panglima TNI. Presiden Jokowi akan mempercayakan kepada Andika untuk memimpin BIN," kata Fernando dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 September 2021.


Selain itu untuk membantah tuduhan seberapa kalangan yang menuduh Jokowi anti ulama kemungkinan Fajroel akan digantikan oleh kalangan aktivis 98 seperti Sayed Junaidi Rizaldi.


Dia menjelaskan, Kepala Badan Intelijen Negara (NIN) Budi Gunawan memiliki peran penting terhadap pemerintahan Jokowi akan dipercaya untuk memimpin Kementerian Koordinaror Politik, Hukum dan Keamanan menggantikan Mahfud MD.

"Fajroel Rachman yang selama ini menjabat sebakan menjadi Dubes akan meninggalkan posisi Jubir Presiden. Fajroel yang merepresentasikan dari kalangan aktivis 98 kemungkinan akan tetap diisi dari kalangan aktivis 98," kata Fernando.

"Selain itu untuk membantah tuduhan seberapa kalangan yang menuduh Jokowi anti ulama kemungkinan Fajroel akan digantikan oleh kalangan aktivis 98 seperti Sayed Junaidi Rizaldi atau yang biasa dipanggil Pak Cik, karena masih ahlul bait, zuriyyah Nabi Muhammad," ujarnya.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Akankah Jokowi Melalukan Reshuffle Pada 15 September?
Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas, mengatakan Presiden Jokowi disinyalir akan melakukan reshuffle pada 15 September 2021.
Pakar: Sangat Kecil Kemungkinan Jokowi Reshuffle Luhut
Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati mengatakan sangat kecil kemungkinan untuk Presiden Joko Widodo me-reshuffle Menko Marves Luhut Panjaitan.
Teten Masduki Kinerja Buruk Tidak Direshuffle, Ini Alasannya
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki dinilai berkinerja buruk, walaupun demikian ia selamat dari reshuffle. Ini alasannya.
0
Heboh! Awkarin Balikan dengan Gangga Kharisma
Baru-baru ini muncul sebuah bukti bahwa selebgram Awkarin balikan dengan Gangga Kharisma. Hal ini mengundang banyak netizen yang berkomentar.