UNTUK INDONESIA
Penembak Jitu dan 20 CCTV Awasi Kota Lama Semarang
Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah telah memasang puluhan CCTV di Semarang dan Solo, untuk Tahun Baru 2020. Selain itu siaga pula penembak jitu.
Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna, usai pemasangan CCTV yang berlokasi di Kawasan Kota Lama, Semarang, Sabtu 28 Desember 2019. (foto: Tagar/Sigit AF).

Semarang - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah telah memasang CCTV untuk memastikan masyarakat yang akan merayakan malam pergantian Tahun Baru 2020 di Semarang aman terkontrol.

Hal tersebut dikemukakan Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Kawedar ditemani Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna, usai pemasangan CCTV di Kawasan Kota Lama, Semarang, Sabtu, 28 Desember 2019.

Sesuai perintah Pak Kapolda. Penembak jitu sudah ditempatkan oleh Brimob di tempat strategis.

Pemasangan CCTV ini, dikatakannya sebagai bentuk kesiagaan kepolisian. Jika terdapat kedaruratan situasi, CCTV yang dipasang telah terkoneksi dengan instansi terkait, sehingga dapat cepat dalam penindakan.

“Yang pertama untuk pengawasan masyarakat yang memerlukan bantuan kesehatan. Jadi kalau masyarakat mungkin melaksanakan pergantian tahun ada yang sakit, ada yang accident maka bisa mengkoneksikan untuk memangil dinas kesehatan mobil ambulans ke lokasi,” katanya.

Selain itu, CCTV juga difungsikan untuk membantu kepolisian dalam mengidentifikasi pelaku kriminalitas melalui pakaian, maupun alat. Di samping juga memantau jika terdapat hal yang tidak diinginkan seperti aksi teror hingga faktor kebencanaan.

Humas Polda Jateng Iskandar Fitriana SutrisnaKabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna, usai pemasangan CCTV yang berlokasi di Kawasan Kota Lama, Semarang, Sabtu 28 Desember 2019. (foto: Tagar/Sigit AF).

“Tujuannya untuk mencari pelaku dan penindakan hukum,” ujarnya.

Menurutnya, penempatan CCTV ini juga menjadi rujukan kepolisian dalam memobilisasi tim penembak jitu yang telah disebar di berbagai lokasi strategis.

“Sesuai perintah Pak Kapolda. Penembak jitu sudah ditempatkan oleh Brimob di tempat strategis, ketika terjadi tindak kejahatan kriminal, tim penembak jitu dari Brimob dengan mudah kita operasikan untuk bisa dikoneksikan,” ujarnya.

Selian di Kota lama, CCTV terintegrasi ini juga dipasang di daerah lain seperti di area Car Free Night Slamet Riyadi Solo dan juga tempat berkumpulnya masa lain.

“Total ada 40 CCTV, lokasi di Semarang di Kota Lama sekitar 20, di Slamet Riyadi juga ada total ada 50 CCTV di Semarang dan Solo. Di Simpanglima sudah ada, nanti kita integrasikan dengan yang ada di Kota Lama,” kata dia. []

Berita terkait
Ribuan Istri Gugat Cerai Suami di Semarang
Sebanyak 3.403 gugatan cerai masuk di Pengadilan Agama Semarang Kelas 1 A sepanjang tahun 2019.
Kejari Semarang Ringkus Buron 4 Tahun Kasus PT GIE
Kejari Semarang meringkus buron kasus pemalsuan surat yang menghilang setelah putusan pengadilan empat tahun lalu.
Hafal Quran, Full Beasiswa di UIN Walisongo Semarang
UIN Walisongo Semarang memberikan beasiswa kuliah selama 8 semester bagi mahasiswa baru 2020 yang hafal Alquran.
0
Kondisi Ibu Hamil yang Diobservasi di Pulau Sebaru
Juru bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto membicarakan wanita hamil yang diobservasi corona di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta.