UNTUK INDONESIA

Pemkot Tangerang Adakan Pelatihan Pendidikan Inklusi Guru

Pemerintah Kota Tangerang bersama Asosiasi Dosen Indonesia adakan pelatihan pendidikan inklusi untuk guru SD dan SMP.
Pengurus Pusat ADI, Yudha Prapantja dan Kepala BKPSDM Kota Tangerang Heriyanto. (Foto: Tagar/tangerangkota.go.id)

Jakarta – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) yang mewakili Pemerintah Kota Tangerang adakan pelatihan pendidikan inklusi untuk guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pelatihan ini utamanya ditujukan guna meningkatkan kemampuan para guru dalam mengajar anak dengan kebutuhan khusus. Seperti yang kita tahu, saat ini pemerintah melarang sekolah mana pun menolak setiap anak berkebutuhan khusus yang ingin bersekolah di luar Sekolah Luar Biasa atau SLB.

Kepala BKPSDM Kota Tangerang, Heriyanto menyampaikan pelatihan pendidikan inklusi ini bekerja sama dengan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI). Pelatihan ini diadakan mulai 23 hingga 27 November di Days Hotel dan Suites Airport Jakarta.

“Pelatihan ini utamanya ditujukan guna meningkatkan kemampuan para guru dalam mengajar anak dengan kebutuhan khusus. Seperti yang kita tahu, saat ini pemerintah melarang sekolah mana pun menolak setiap anak berkebutuhan khusus yang ingin bersekolah di luar Sekolah Luar Biasa atau SLB. Maka dari itu, kami rasa perlu untuk mengadakan pelatihan pendidikan inklusi untuk setiap guru di Kota Tangerang,” ucapnya pada Senin 23 November 2020.

Pendidikan inklusi ini sendiri merupakan sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik disabilitas yang miliki kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan yang sama dengan peserta didik umum.

Pelatihan Pendidikan Inklusi Guru TangerangPelatihan Pendidikan Inklusi Guru. (Foto: Tagar/tangerangkota.go.id)

Ada sebanyak 90 guru yang mengikuti pelatihan ini yang mewakili dari sekolah masing dan mendapatkan pelatihan secara daring seperti penguatan pendidikan karakter dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pengurus Pusat ADI, Yudha Prapantja juga sampaikan pentingnya pelatihan pendidikan iklusi kepada para pendidik.

“Mengingat pentingnya pendidikan inklusi, kami dari ADI memberikan beberapa mata pelatihan yang menunjang setiap guru dalam memfasilitasi pengajaran kepada murid-murid berkebutuhan khusus. Mulai dari bagaimana menangani anak lamban belajar, menyusun pembelajaran individual, hingga menjelaskan dan menangani perkembangan dan gangguan bicara-baca,” katanya.

Sementara itu, salah satu guru yang merupakan peserta dari SMP Negeri 4 Kota Tangerang yakni Hendra Mulyawan sampaikan rasa antuasiasnya akan adanya pelatihan dengan narasumber yang kompeten pada pendidikan inklusi seperti mengenai multimedia.

“Saya senang sekali mengikuti pelatihan ini karena materinya sangat berguna untuk pembelajaran daring di masa pandemi. Semoga setelah ini saya dapat menyalurkan materi dari para narasumber ke teman-teman guru yang lainnya,” ucap Hendra. []

Baca juga:

Berita terkait
Pembangunan di Pantura Tangerang Bawa Peluang Ekonomi
Pembangunan di kawasan pesisir pantai utara (Pantura) Kabupaten Tangerang, Banten, dinilai mampu memberi dampak positif bagi masyarakat setempat.
Dinas PUPR Tangerang Diduga Pungut Fee Dari Pengusaha
ATB menduga ada indikasi korupsi di Dinas PUPR Kota Tangerang dengan memungut fee dari pengusaha yang mengerjakan proyek.
Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2020 di Masa Pandemi
Peringatan Hari Guru Nasional bakal dirayakan pada Rabu, 25 November 2020 mendatang, tepat pada perayaan hari lahirnya PGRI.
0
Pemkot Tangerang Adakan Pelatihan Pendidikan Inklusi Guru
Pemerintah Kota Tangerang bersama Asosiasi Dosen Indonesia adakan pelatihan pendidikan inklusi untuk guru SD dan SMP.