UNTUK INDONESIA

Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2020 di Masa Pandemi

Peringatan Hari Guru Nasional bakal dirayakan pada Rabu, 25 November 2020 mendatang, tepat pada perayaan hari lahirnya PGRI.
Ilustrasi Guru atau tenaga pengakar di Indonesia. (Foto: Instagram/pbpgri_official/)

Jakarta - Peringatan Hari Guru Nasional bakal dirayakan pada Rabu, 25 November 2020 mendatang, tepat pada perayaan hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Pada tahun 2020 ini, perayaan mengangkat tema Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar.

Mengutip informasi dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, peringatan Hari Guru Nasional 2020 bakal diselenggarakan dengan sejumlah panduan dan ketetapan lantaran berlangsung di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional 2020 bakal digelar secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah.

Kemendikbud akan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 pada Rabu, 25 November 2020, tepat pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan memperhatikan protokol kesehatan tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Sementara instansi pusat, instansi daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning juga diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka, terbatas, dan minimalis dengan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedangkan untuk instansi dan satuan pendidikan di daerah yang berada dalam wilayah zona oranye dan merah, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di saluran YouTube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Ilustrasi Guru di IndonesiaIlustrasi Guru atau tenaga pengakar di Indonesia. (Foto: Instagram/pbpgri_official/)

Kemendikbud juga mengimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dapat menyelenggarakan aktivitas/kegiatan memperingati dan memeriahkan Hari Guru Nasional Tahun 2020 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19.

Selain itu, mereka juga mendorong pelibatan dan partisipasi publik, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain itu, Kemendikbud juga menyerukan kepada insan pendidikan untuk menyaksikan program peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 dengan tema Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar di TVRI pada hari Rabu, 25 November 2020, pukul 19.00 WIB.

Acara peringatan Hari Guru Nasional 2020 tersebut juga dapat disaksikan secara langsung melalui siaran di saluran YouTube Kemendikbud RI. []

Berita terkait
Hari Anak Sedunia, Pemerintah Diminta Beri Edukasi ke Orang Tua
Organisasi Save the Children turut merayakan peringatan Hari Anak Sedunia pada Jumat, 20 November 2020.
Sejarah Hari Anak Nasional di Google Doodle
Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 yang jatuh pada hari ini, Kamis, 23 Juli 2020, turut dirayakan oleh Google melalui Doodle.
Beda Hari Ayah Nasional 12 November dengan Hari Ayah Sedunia
Peringatan Hari Ayah Nasional dirayakan masyarakat Indonesia setiap tanggal 12 November, berbeda dengan peringatan Hari Ayah Sedunia.
0
Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2020 di Masa Pandemi
Peringatan Hari Guru Nasional bakal dirayakan pada Rabu, 25 November 2020 mendatang, tepat pada perayaan hari lahirnya PGRI.