UNTUK INDONESIA
Pasien Meninggal Dunia di RSAM Bukittinggi Terus Bertambah
Jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi kembali bertambah.
Penyelenggaraan jenazah pasien Covid-19 di RSAM Bukittinggi. (Foto: Tagar/Rifa Yanas)

Bukittinggi - Jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi kembali bertambah. Seorang pasien perempuan berusia 90 tahun menghembuskan nafas terakhir di ruang isolasi rumah sakit itu, Selasa, 20 Oktober 2020 pagi.

Dengan tambahan satu pasien meninggal itu, total sudah 16 pasien Covid-19 yang tercatat meninggal dunia di RSAM.

Kabar duka itu disampaikan Humas RSAM, Murshalman Chaniago. Pasien positif Covid-19 yang meninggal terdata sebagai warga Kelurahan Tarok Dipo, Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi.

"Almarhumah meninggal tadi pagi pada pukul 09.30 WIB. Beliau menjalani perawatan di ruang isolasi RSAM sejak 13 Oktober lalu," kata Murshalman.

Jenazah, lanjutnya, diselenggarakan dengan mengacu pada protokol kesehatan yang telah ditentukan dalam menangani pasien Covid-19. Diantar dari ruang forensik rumah sakit langsung ke pemakaman.

Dengan tambahan satu pasien meninggal itu, total sudah 16 pasien Covid-19 yang tercatat meninggal dunia dalam masa perawatan di ruang isolasi RSAM sejauh ini. Sementara untuk penyelenggaraan jenazah pasien Covid-19, pihak RSAM sendiri sudah membantu menyelenggarakan 22 jenazah pasien meninggal.

"Ada enam tambahan dari rumah sakit lain yang bekerjasama dengan RSAM menyelenggarakan jenazah pasien Covid-19 sesuai protokol. Dua pasien dari RS Yarsi Bukittinggi dan empat pasien dari RSSN," paparnya.

Sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Sumbar, RSAM telah melayani hampir 400 pasien Covid-19, baik positif maupun suspek atau PDP sejak 17 Maret 2020. Terkini, masih tersisa 36 pasien yang menjalani perawatan di ruang isolasi Covid-19 RSAM dengan rincian 29 pasien positif dan tujuh pasien suspek.[]

Berita terkait
Khasiat Remdesivir Obati Corona di RSAM Bukittinggi, Teruji?
Dokter Spesialis Paru di RSAM Bukittinggi telah pernah menggunakan khasiat obat Remdesivir untuk menangani pasien corona. Apakah Remdesivir teruji?
Mahfud ke Wako Bukittinggi: Ini Alasan Draf UU Cilaka Beda
Menkopolhukam Mahfud MD menjelaskan alasan terjadinya perbedaan draf Omnibus Law UU Cipta Kerja kepada para Gubernur, Wali Kota dan Bupati.
Pengusaha Muda Bukittinggi Ungkap Dampak UU Cipta Kerja
Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bukittinggi, Ferdian menilai UU Cipta Kerja belum dibutuhkan di Indonesia.
0
Tiga Warga Purworejo Edarkan Pil Koplo di Kulon Progo
Polres Kulon Progo menangkap empat orang setelah mengedarkan pil koplo. Tiga di antaranya warga Purworejo, Jawa Tengah.