UNTUK INDONESIA
Pantai Karangjahe Rembang Target Buka Awal Agustus
Wisata Pantai Karangjahe Rembang menargetkan bisa buka untuk umum awal Agustus. Pengelola sudah melengkapi syarat yang diminta pemerintah.
Pantai Karangjahe Rembang masih tutup, Selasa, 28 Juli 2020. Pengelola menargetkan awal Agustus sudah bisa buka seiring turunnya izin dari pemerintah. (Foto: Tagar/Rendy Teguh Wibowo)

Rembang - Pantai Karangjahe Beach (KJB) Rembang belum bisa dibuka untuk umum meski sudah menggelar simulasi operasional. Perbaikan sudah dilakukan dan pengelola menargetkan awal Agustus sudah bisa melayani kunjungan wisata.  

Berdasar penilaian tim Gugus Tugas Covid-19 bersama Dinas kebudayaan dan pariwisata (Dinbudpar), Dinas Kesehatan, kepolisian dan Satpol PP, pantai di Desa Pinjulharjo, Kecamatan Rembang ini masih memiliki catatan sebelum diizinkan dibuka. 

"Kemarin masih ada beberapa catatan untuk dilengkapi, sehingga masih belum diizinkan dibuka untuk umum," kata Sekretaris Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Punjulharjo, Wawan, Selasa, 28 Juli 2020.

Wawan menyampaikan setalah menggelar simulasi pada tanggal 25 dan 26 Juli 2020, KJB secara umum sudah siap menerima kunjungan. Namun khusus di masa pandemi perlu ada dukungan infrastruktur untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah ruang kesehatan di area wisata.

"Dari tim gabungan dan Gugus Tugas Covid-19 memberi catatan bahwa ada beberapa hal yang perlu dibenahi yang pertama adalah terkait ruang kesehatan. Itu yang menjadi catatan yang paling penting," tutur dia. 

Maksimal ya bulan Agustus awal, kami bisa mulai buka untuk umum.

Dari catatan yang harus dipenuhi tersebut, pihak pengelola telah melakukan pembenahan langsung keesokan harinya atau Senin, 27 Juli 2020. Kini KJB sudah siap untuk penilaian kelayakan lanjutan terkait pembukaan tempat wisata dalam kondisi new normal.

"Kami menyiapkan ruang isolasinya, kemudian siapa saja petugas-petugasnya itu sudah kami siapkan semuanya," ucap dia.

Dalam penilaian lanjutan, kata dia, KJB tidak perlu melakukan simulasi kembali. Satgas Covid-19 hanya melakukan pengecekan kembali terkait hal-hal yang menjadi catatan pada waktu simulasi.

"Kalau kemarin simulasi sudah cukup, tim gugus tugas Covid-19 nanti tinggal mengecek kembali terkait hal-hal yang menjadi catatan itu," ujarnya.

Baca juga: 

Wawan menambahkan, pihaknya menargetkan pada bulan Juli ini wisata pantai KJB sudah mendapat surat rekomendasi dari Pemkab Rembang agar bisa dibuka kembali untuk umum. "Maksimal ya bulan Agustus awal, kami bisa mulai buka untuk umum," kata dia.

Sementara itu, Dinbudpar Rembang melalui Kabid Destinasi Purwono menerangkan, kekurangan yang ada di wisata KJB bukan merupakan layanan yang vital. Artinya, kekurangan masih dalam taraf kewajaran atau bisa dimaklumi dalam pemenuhannya.

"Masih ada yang perlu dipenuhi namun tidak vital, artinya dalam layanan yang vital itu layanan yang harus dipenuhi. Namun ada yang bisa dibijaksanai," tutur dia.

Mayoritas sarana prasarana utama di wisata KJB sudah memenuhi persyaratan. "Meski ada beberapa layanan yang tidak vital, pengelola harus tetap memenuhi karena hal itu merupakan syarat yang sudah disepakati," ujar Purwono. []

Berita terkait
Dua Tempat Wisata Rembang Gelar Simulasi Pekan Ini
Dua tempat wisata di Rembang bersiap menggelar simulasi pembukaan pada pekan ini. Pantai Karangjahe dan Pasar Wisata Brumbung.
Alasan Seniman Rembang Dilema Gelar Pementasan
Sejumlah seniman wayang kulit di Rembang menunda menggelar pementasan, meski Pemkab Rembang sudah mengeluarkan surat edaran aktivitas seni.
Pantai Karangjahe Rembang Siapkan Protokol Wisata
Pantai Karangjahe Rembang menyiapkan protokol wisata dan simulasi pembukaan tempat wisata. Apa saja yang boleh dan dilarang?
0
Pantai Karangjahe Rembang Target Buka Awal Agustus
Wisata Pantai Karangjahe Rembang menargetkan bisa buka untuk umum awal Agustus. Pengelola sudah melengkapi syarat yang diminta pemerintah.