UNTUK INDONESIA

Pandangan Gerindra soal Sosok Calon Kapolri yang Kuat

Waketum Gerindra Habiburokhman mengatakan bahwa terdapat beberapa sosok calon Kapolri yang kuat.
Habiburokhman selaku Waketum Gerindra (Tagar/fajar.co.id)

Jakarta - Habiburokhman selaku Wakil Ketua Umum Gerindra, mengungkapkan bakal calon kapolri yang kuat dari sudut pandangnya. Para calon tersebut yaitu Reserse Kriminal Polri, Humas Polri, dan Kamtibmas Polri.

“Ada beberapa sosok Pati senior yang saat ini santer isunya jadi kandidat. Ada yang jago di bidang serse, ada yang jago di humas, ada juga yang lama di bidang pemeliharaan Kamtibmas,” ujar Habiburokhman selaku Waketum Gerindra, Selasa, 5 Januari 2021.

Wakil Ketua Gerindra atau Komisi III DPR RI tersebut juga menilai bahwa, semua calon yang diterawang olehnya memiliki kesamaan peluang dan semuanya memiliki kesamaan prestasi yang baik dan bahkan tidak memiliki masalah yang signifikan.

Soal calon Kapolri setahu saya hingga saat ini pimpinan DPR dan Komisi III belum menerima surat dari Presiden. Masa sidang baru dimulai 12 Januari, kami baru sidang internal sekitar tanggal 13 untuk membahas mekanisme fit dan proper test,

"Tidak menutup juga kemungkinan muncul kuda hitam alias nama baru. Tapi perlu digarisbawahi, secara prinsip itu hak Presiden untuk ajukan yang mana," tambahnya.

Diketahui bahwa pimpinan Komisi III DPR, belum menerima surat presiden terkait calon baru cakapolri. Pihak DPR akan melakukan tes ulang dengan dasar sesuai dan tepat mengenai cakapolri baru tersebut, dengan mengadakan rapat internal.

"Soal calon Kapolri setahu saya hingga saat ini pimpinan DPR dan Komisi III belum menerima surat dari Presiden. Masa sidang baru dimulai 12 Januari, kami baru sidang internal sekitar tanggal 13 untuk membahas mekanisme fit dan proper test," ujar Habib.

Nama yang akan keluar dari bakal calon tersebut dimulai dari tiga komjen internal Polri, yaitu Wakapolri Komjen Gatot Edi, Kabarharkam Komjen Agus Andiyanto, dan Kabareskrim Komjen Sigit Listyo. Mereka memiliki prestasi yang baik.

External Polri terdapa dua nama, yaitu Komjen Boy rafli Amar dan Sestama BIN Komjen Bambang Sunarwibowo. [] (Farras Prima Nugraha)

Baca juga:

Berita terkait
Profil Boy Rafli Amar, Calon Kapolri Pilihan Jokowi
Bahkan saat menjadi Kapolda Banten, Boy masih sering bolak-balik Jakarta-Banten untuk sekadar menyampaikan pesan Polri.
Tak Punya Catatan Negatif, Kabareskrim Calon Terkuat Kapolri
Stanislaus Riyanta menilai, sosok Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi suksesor terkuat Kapolri Idham Azis.
Soal Calon Kapolri, Ini Permintaan IPW ke Jokowi
Indonesia Police Watch (IPW) meminta Jokowi pilih Kapolri yang pernah menjabat Kapolda di Jawa.
0
Pandangan Gerindra soal Sosok Calon Kapolri yang Kuat
Waketum Gerindra Habiburokhman mengatakan bahwa terdapat beberapa sosok calon Kapolri yang kuat.