UNTUK INDONESIA
OTT KPK, Ketua KPU: Wahyu Setiawan Tugas ke Belitung
Terjaring OTT KPK, Wahyu Setiawan sepatutnya melaksanakan tugas dalam lingkup berkegiatan KPU di Bangka Belitung.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020. (Foto: Tagar/Moh Ainul Yaqin)

Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyebut komisioner KPU Wahyu Setiawan sepatutnya melaksanakan tugas ke luar Jakarta ketika terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Wahyu diagendakan ke Bangka Belitung dalam lingkup berkegiatan KPU.

"Hari ini memang jadwal akan tugas di luar, ke Belitung," ujar Arief di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020.

Arief mengatakannya saat menyambangi KPK bersama tiga komisioner KPU lainnya, Hasyim Asyari, Pramono Ubaid Tanthowi, dan Ilham Saputra. Kedatangan mereka untuk mengonfirmasi kebenaran Wahyu Setiawan tertangkap OTT KPK.

Kami juga konfirmasi diperiksa untuk perkara apa, bersama siapa dan seterusnya.

Arief dan ketiga komisioner KPU lainnya diterima pimpinan KPK untuk periode 2019-2023 Alexander Marwata, Plt Jubir Ali Fikri dan eks Jubir Febri Diansyah.

Arief menyampaikan informasi yang didapat dari Alexander belum utuh. Pasalnya belum diketahui secara pasti Kepala Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU periode 2017-2022 itu diperiksa atas kasus apa.

"Kami juga konfirmasi diperiksa untuk perkara apa, bersama siapa dan seterusnya. Beliau hanya mendapatkan informasi hari ini yang diperiksa empat orang tapi yang terkait pemeriksaannya apa, beliau juga belum tahu." ujarnya.

Sementara itu, kata dia, saat ini Wahyu masih berstatus sebagai terperiksa. KPK akan mengumumkan status hukum selanjutnya pada keesokan hari, Kamis, 9 Januari 2020.

"Jadi akan diberikan besok, setelah proses pemeriksaan satu kali 24 jam besok siang KPK akan memberikan keterangan pers bersama-sama dengan KPU kemungkinan akan diundang," ujar pria kelahiran Surabaya itu.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan terjaring OTT KPK pada Rabu, 8 Januari 2020. OTT tersebut dikabarkan digelar di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sebelumnya Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan seorang Komisioner KPU tertangkap OTT KPK lantaran diduga telah menerima suap. Firli tak menjelaskan secara detail terkait sosok yang ditangkap KPK. Adapun Komisioner KPU yang dimaksudkan, kata dia, berinisial WS,

"Komisioner KPU atas nama WS," ucap Firli kepada Tagar, Rabu, 8 Januari 2020. []

Berita terkait
Komisioner KPU Wahyu Setiawan Kena OTT KPK
KPK kembali melakukan OTT terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) yang diduga menjerat Komisioner KPU Wahyu Setiawan.
OTT KPK Sidoarjo, 3 Orang Digiring ke Mapolda Jatim
KPK melakukan OTT di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sebanyak tiga orang dibawa KPK ke Mapolda Jatim.
Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK, ICW: Kontribusi Firli?
Peneliti ICW mempertanyakan operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah belum tentu kontribusi KPK era Firli Bahuri.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.