Oleh: Timboel Siregar*
BPJS Kesehatan memiliki Care Centre baru, yang awalnya 1500400 menjadi 165. Hari ini dilakukan launching Care Centre 165. Diharapkan dengan penggantian ini maka pelayanan bisa dengan mudah, cepat dan tepat.
Persoalan yang terjadi selama ini dengan 150040 adalah Proses perkenalannya cukup lama, sehingga mengambil pulsa, memerlukan biaya ketika menggunakan 1500400, belum bisa gratis, dan Belum tentu otomatis direspon langsung seperti mencari tempat tidur di RS atau persoalan di RS paska jam kerja.
- Baca Juga: Opini: Harapan Paska 16 Agustus 2021
- Baca Juga: Opini: Persiapan Pasca 16 Agustus 2021
Dengan adanya Care Centre 165 maka seharusnya permasalahan permasalahan tersebut bisa diminimalisir. Ketika menghubungi 165 nati, langsung aja diarahkan tekan angka ini untuk ini, dan sebagainya.
Untuk biaya, diharapkan care centre 165 tanpa menggunakan biaya sehingga tanpa pulsa pun bisa menghubungi 165, atau bisa diakses dengan WA sehingga dengan wifi bisa menghubungi 165.
- Baca Juga: Opini: Bisnis yang Dibungkus dalam Konflik Palestina
- Baca Juga: Opini: Kinerja Kementan Kembali Termoncer di Masa Pandemi
Demikian juga untuk respon pelayanan via care centre maka ada waktu yang ditentukan untuk care centre merespon laporan dari peserta misalnya maksimal 5 menit dan sebagainya, dan kemudian jangan biarkan laporan tersebut terputus karena pulsa habis. Bila ini terjadi maka pihak Care Centre menelpon balik peserta tersebut.
Selamat untuk Care Centre 165, semoga Pelayanan Care Centre 165 lebih baik lagi dan memudahkan peserta JKN.
*Koordinator Advokasi BPJS Watch