Nurul Akmal Pecahkan Rekor Nasional di PON XX Papua

Nurul Akmal salah satu lifter putri kebanggaan Indonesia, berhasil meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor nasional angkat besi di PON XX.
Lifter putri asal Aceh, Nurul Akmal melakukan angkatan clean and jerk pada kelas +87 kilogram di PON XC Papua. (Foto: Tagar/Antara)

Jakarta – Nurul Akmal salah satu lifter putri kebanggaan Indonesia, berhasil meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor nasional angkat besi kelas +87 kilogram di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Pernah disorot karena tampil di Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga angkat besi, Nurul Akmal kembali mengikuti pertandingan PON dan merebut medali emas. Sebelumnya ia pernah ikut serta pada PON di Jawab Barat tahun 2016 dan meraih emas pertamanya dengan mencatat total angkatan 233 kilogram.


Saya bangga bangat berikan yang terbaik untuk masyarakat Aceh apalagi pandemi sekarang.


Nurul turun di kelas +87 kilogram putri dengan mengumpulkan total angkatan 258 kilogram yang terdiri atas 116 kilogram snatch dan 142 clean and jerk. Total angkatan ini masuk ke dalam rekor nasional, mengalahkan rekor sebelumnya yang juga diraih Nurul di Qatar Cup, Doha, Qatar pada 23 Desember 2019 dengan 113 kilogram snatch.

Atlet asal Aceh ini berhasil mengangkat beban tanpa kesulitan di percobaan pertama hingga percobaan ketiga. Ia menjadi satu-satunya atlet yang mengangkat 101 kilogram di angkatan pertama. 

Pada percobaan kedua, Nurul menambahkan bebannya menjadi 107 kilogram. Di percobaan ketiga, ia kembali menambahkan bebannya dan dengan mudah mengangkat beban 116 kilogram.

Meskipun berhasil menang dengan mudah, atlet yang akrab disapa dengan Amel ini mengaku bahwa semua lifter yang menjadi rivalnya itu berat. Namun, berkat kesungguhan dan kedisiplinannya dalam berlatih, atlet berumur 28 tahun ini berhasil mengalahkan atlet lainnya.

“Sebenarnya berat (lawan mereka), tapi karena kita dipantau dan latihan terjaga, jadinya menghasilkan ini (emas). Saya bangga bangat berikan yang terbaik untuk masyarakat Aceh, apalagi pandemi sekarang,” kata Nurul, Senin, 11 Oktober 2021.

Saat ini Nurul Akmal mengikuti latihan di Pelatnas untuk melakukan persiapan dalam mengikuti Kejuaraan Dunia di Taskhent, Uzbekistan. Kejuaraan ini diketahui akan berlangsung pada bulan Desember 2021 mendatang.

“Untuk persiapan di Uzbekistan, saya sudah tahu lawan saat di Olimpiade. Jadi, latihan harus lebih greget lagi,” ucapnya.

(Rana Maheswari Ummairah)

Berita terkait
Sepak Bola Putra PON XX Masuki Babak 6 Besar
Setelah babak enam besar pertama pada 6 Oktober lalu yang mempertemukan Aceh vs Papua dan Kalimantan Timur vs Jawa Barat. Simak ulasannya.
Bonus Besar Atlet Peraih Medali di PON XX Papua 2021
Bonus besar dalam jumlah beragam menjadi janji yang telah dilontarkan masing-masing daerah untuk para atlet peraih medali di PON XX Papua 2021.
Tim Putra DKI Jakarta Melaju ke Babak Final Basket PON XX
Tim Putra DKI Jakarta berhasil melaju ke babak final basket PON setelah menyudahi perlawanan Jawa Timur dengan skor 78-70. Berikut ulasannya.
0
Nurul Akmal Pecahkan Rekor Nasional di PON XX Papua
Nurul Akmal salah satu lifter putri kebanggaan Indonesia, berhasil meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor nasional angkat besi di PON XX.