Klasemen Medali PON XX Papua hingga 5 Oktober, DKI Memimpin

Daftar peringkat sementara perolehan medali pada PON XX Papua hingga 5 Oktober DKI Jakarta untuk sementara memimpin puncak klasemen.
Pemberian medali PON XX Papua 2021. (Foto: Tagar/Kemenpora)

Jakarta - Daftar peringkat sementara perolehan medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 hingga Selasa, 5 Oktober 2021 Sore telah diperbarui. Provinsi DKI Jakarta untuk sementara memimpin puncak klasemen.

DKI Jakarta memuncaki klasemen PON Papua 2021 dengan total perolehan 94 medali dan berhasil mengoleksi 39 emas, 27 perak, dan 32 perunggu. Sementara Jawa Barat menyusul di peringkat kedua dengan perolehan 98 medali. Sejauh ini Jabar sudah mengoleksi 32 emas, 29 perak, dan 37 perunggu.

DKI Jakarta terus menjauh dari para pesaingnya. Namun, posisi dipuncak klasemen ini masih belum aman mengingat masih banyaknya cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan.

Hal yang sangat tidak terduga justru ada di posisi kedua. Karena sejauh ini Papua yang terus membayangi DKI Jakarta, tetapi kini tergeser oleh Jawa Barat.

Jawa Barat berhasil mengejar perolehan medali emas Papua. Dan akhirnya Jawa Barat berada di posisi kedua dengan perolehan 32 medali emas.

Meski demikian, posisi Jabar masih terancam karena tuan rumah Papua mengejar ketat di papan klasemen. Dan saat ini, Papua hanya terpaut 14 medali perak dari Jawa Barat. Papua sudah berhasil menyamakan medali emas dari Jawa Barat, yaitu 32 medali emas.

Secara total perolehan medali, Jawa Barat jauh lebih unggul dibandingkan Papua. Dengan selisih 16 medali, dan Jawa Barat berhasil menggeser Papua diperingkat kedua.

Sedangkan Jawa Timur yang menempati posisi keempat terus membayangi tiga tim yang berada di atasnya. Jawa Timur sukses meraih 74 medali sejauh ini, yang mana berasal dari 26 emas, 26 perak, dan 22 perunggu.

Sudah ada 33 provinsi dari total 34 provinsi di Indonesia yang berhasil meraih medali PON XX Papua 2021. Dan hanya Kalimantan Utara yang belum sama sekali meraih medali PON XX Papua 2021.

Sampai saat ini, melansir dari situs resmi PON Papua 2021 akan ada 55 laga dari 8 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan hari ini. Kedelapan cabor yang dimaksud adalah, sepak bola, bulu tangkis, softball, sepak takraw, bola voli indoor, bola voli pasir, bola basket 5x5, dan panjat tebing.

Posisi klasemen sementara masih bisa terus berubah, seiring dengan bertambahnya jumlah medali yang sudah diraih dari pertandingan cabang olahraga PON XX Papua 2021. Sebab, ajang PON XX Papua 2021 masih akan terus berlanjut.

Berikut Peringkat 4 teratas klasemen sementara daftar perolehan medali PON XX Papua 2021.

  1. DKI Jakarta : 39 Emas, 27 Perak, 32 Perunggu (Total 98 Medali)
  2. Jawa Barat : 32 Emas, 29 Perak, 37 Perunggu (Total 98 Medali)
  3. Papua : 32 Emas, 15 Perak, 35 Perunggu (Total 82 Medali)
  4. Jawa Timur : 26 emas, 26 perak, 22 perunggu (Total 74 Medali)

(Risma Perdana Izzati)

Berita terkait
Tokopedia Jadi Mitra E-Commerce Resmi PON XX Papua 2021
Tokopedia menjadi mitra e-commerce resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Hal ini dilakukan untuk mendukung talenta terbaik anak bangsa.
Alasan Raffi Ahmad-Nagita Slavina Jadi Ikon PON XX Papua
Raffi pun menjadi MC dalam pembukaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua, Sabtu , 2 Oktober 2021.
Sambut PON XX, Sri Mulyani Beberkan Anggaran Sejak 2018
Pekan Olahraga Nasional (PON) XX telah resmi dibuka di Stadion Lukas Enembe, Jayapura. Menkeu Sri Mulyani beberkan anggaran sejak tahun 2018.
0
Klasemen Medali PON XX Papua hingga 5 Oktober, DKI Memimpin
Daftar peringkat sementara perolehan medali pada PON XX Papua hingga 5 Oktober DKI Jakarta untuk sementara memimpin puncak klasemen.