UNTUK INDONESIA
Nasihat Sri Mulyani pada Calon ASN Kemenkeu
Menkeu Sri Mulyani Indrawati meminta 3.252 calon ASN Kementerian Keuangan lulusan PKN STAN berkontribusi menjaga keuangan negara.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Instagram/@kemenkeuri)

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta 3.252 calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan yang merupakan lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) berkontribusi menjaga keuangan negara, seperti yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

"Mengapa Indonesia lahir yaitu bertujuan untuk menciptakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Kita berjuang untuk muncul keadilan sosial jadi saya harap kalian semua segera meresapi apa arti masuk Kemenkeu," ucap Sri Mulyani di lapangan Tennis Indoor Senayan Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019 seperti Antara.

Sehingga, kata Sri Mulyani calon ASN wajib menanamkan nilai-nilai dasar yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan dalam menjalankan tugas. 

cpns 2019Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka pada Senin 11 November 2019. (Foto: Setkab.go.id)

Ia menuturkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta keuangan negara merupakan alat negara untuk mencapai tujuan masyarakat Indonesia yang lebih baik. Maka, ketika membuat dan menyusun APBN semestinya dijaga dengan baik.

“Kalau pergi dan dikasih orang tua motor, itu adalah alat untuk menjalankan tugas kalian. Jadi, alat itu harus dijaga kesehatannya, kredibilitasnya, akurasinya, dan pertanggungjawabannya,” ucapnya.

Selain APBN, ASN di Kemenkeu kata dia ditugaskan untuk mengelola uang yang diterima negara melalui pajak. “Kita kumpulkan rupiah per rupiah dari Wajib Pajak (WP) dan dunia usaha,” tutur Sri Mulyani.

Uang yang diterima dan dikelola Kemenkeu menurutnya harus dikelola dengan bijak. Sebab, uang tersebut akan digunakan kembali untuk menggaji mereka yang bertugas untuk negara.

“Gaji polisi, jalan yang kalian lewati, dosen-dosen PKN STAN, petani di daerah, gedung-gedung di GBK ini semua menggunakan uang negara,” ujarnya. []

Berita terkait
Sri Mulyani Ubah Peraturan Dinas Luar Negeri ASN
Menkeu Sri Mulyani Indrawati menetapkan perubahan Peraturan Menteri Keuangan tentang Tata Cara Pelaksanaan Perjalanan Dinas Luar Negeri bagi ASN.
Sri Mulyani Ungkap Kerugian Negara Kasus Harley di Garuda
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut negara berpotensi mengalami kerugian sampai Rp 1,5 miliar dari temuan onderdil Harley Davidson di Garuda.
Sri Mulyani Sebut Korupsi Musuh Nyata Kemenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengimbau seluruh jajaran Kementerian Keuangan menghindari kemungkinan melanggar aturan, seperti korupsi.
0
Slank Bikin Lagu Tentang Wabah Virus Corona
Grup band legendaris Slank saat ini tengah menulis lagu yang terinspirasi dari merebaknya virus corona di Tanah Air.