UNTUK INDONESIA
NasDem Soroti Gaya Terawan dan Aksi Borong Masker
Ketua DPP Partai NasDem Bidang Kesehatan Okky Asokawati soroti gaya Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto soal virus Corona.
Menkes Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020. (Foto: Tagar/popy)

Jakarta - Ketua DPP Partai NasDem Bidang Kesehatan Okky Asokawati mengingatkan gaya komunikasi pemerintah terkait virus Corona atau Covid-19 agar diubah. Pasalnya, Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto dinilai menyepelekan soal virus dari Wuhan itu.

"Saya kira pemerintah dalam hal ini Menteri Kesehatan perlu mengubah gaya komunikasi ke publik  Sikap denial (penyangkalan) atas keberadaan virus Corona di Indonesia dan disusul pernyataan yang terkesan menyepelekan virus Corona kurang tepat di tengah situasi saat ini," kata Okky kepada Tagar, Selasa, 3 Maret 2020. 

Menurut Okky, menghadapi virus Covid-19, diperlukan sikap responsif dan tindakan-tindakan preventif dengan mengaktifkan struktur pemerintah dari pusat hingga daerah. Sehingga, segala permasalahan itu dapat direspon dengan baik.

Aksi borong sembako dan masker hanya akan ciptakan kepanikan saja.

"Kami melihat tindakannya masih parsial, belum terbentuk sistem yang terhubung dari pusat hingga daerah. Dibutuhkan birokrasi yang solid untuk merespons persoalan ini," ujar dia.

Model senior ini juga menyoroti sejumlah aksi masyarakat yang memborong sembako dan masker. Melihat itu, justru menjadikan situasi yang meresahkan publik.

"Aksi borong sembako dan masker hanya akan ciptakan kepanikan saja. Ini akibat informasi yang tidak jelas dari pemerintah. Di sini pentingnya mengaktifkan jejaring birokrasi untuk respons Corona," tutur Okky. 

Dia meminta masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial. Pasalnya, banyak informasi yang disebar ke publik justru melahirkan kontraproduktif di tengah masyarakat. 

"Masyarakat harus makin bijak dalam menggunakan media sosial," ucap Okky Asokawati. []

Baca juga:

Berita terkait
Tak Terdeteksi Kena Corona, WN Jepang Minum Obat
WNA Jepang yang menularkan Corona ke dua warga Depok tidak terdeteksi karena minum obat.
Imbas Corona, Gereja Katedral Imbau Umat yang Sakit Tak ke Gereja
Gereja Katedral Jakarta mengimbau jemaatnya yang menderita sakit pernapasan untuk tidak beribadat sementara ke gereja menyusul sebaran virus corona
Lonjakan Harga Masker Picu Inflasi, Ini Jawaban BPS
Peningkatan harga masker yang sudah terlampau tinggi membuat item barang ini berpotensi memicu inflasi.
0
KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Suap Lapas Sukamiskin
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas izin keluar Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.