UNTUK INDONESIA
Panduan Kementerian Kesehatan Soal Pemakaian Masker
Panduan Kementerian Kesehatan soal pemakaian masker yang tepat dan perlu diperhatikan masyarakat. Berikut ulasannya.
Ilustrasi Masker. (Foto: Freepik.com)

Jakarta - Masker memang salah satu upaya untuk menghindari virus menyebar di lingkungan sekitar, termasuk virus Corona. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempunyai panduan mengenai pemakaian masker yang tepat. 

Kebanyakan sekarang ini, orang yang sehat selalu memakai masker dalam kesehariannya. Padahal, hal itu tidak dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan. Namun, siapakah seharusnya yang perlu memakai masker itu?

Kan dari World Health Organization (WHO) menyebut yang sakit, yang pakai masker.

Berikut Tagar rangkumkan informasi yang diperoleh dari media sosial Instagram @kemenkes_ri mengenai panduan pemakaian masker yang tepat.

  • Jika sedang sakit atau flu
  • Jika dalam pemulihan dari sakit sakit  

Ketika seseorang dalam kondisi yang demikian, Kemenkes menganjurkan kepada mereka harus menggunakan masker untuk pencegahan penyebaran virus. 

"Selain itu, hal yang paling penting lagi adalah kita tetap menjaga kesehatan agar imunitas tubuh terjaga," kata Kemenkes dalam akun Instagram @kemenkes_ri.  

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto juga menyampaikan sudah semestinya masker hanya dipergunakan untuk orang-orang yang dalam kondisi kurang sehat saja. 

"Kan dari World Health Organization (WHO) menyebut yang sakit, yang pakai masker. Yang sehat ndak usah," kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 2 Maret 2020.

Menurut Terawan, masyarakat tidak perlu cemas berlebih terhadap positifnya penderita virus corona di Indonesia. Dia mengimbau warga tetap tenang, tidak grasah-grusuh.

"Karena kalau yang sehat pakai percuma, dia nanti megang-megang dan sebagainya, tetap bisa kena. Dari pada gitu mending dia menjauhi orang sakit, sedang yang sakit menutup diri," ucap Menkes Terawan. []

Baca juga:

Berita terkait
Sabun Cuci Tangan Laku Keras di Depok karena Corona
Akibat dua warga Depok positif virus Corona, sabun cuci tangan laku keras di tempat perbelanjaan.
Cara Membuat Masker Sendiri untuk Cegah Corona
tips alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pengganti masker untuk menutup wajah menggunakan tisu basah.
N95 dan Empat Jenis Masker Cegah Virus Corona
Penyebaran virus corona bisa dihindari dengan masker, Berikut Tagar mengulas masker yang baik digunakan untuk cegah virus mematikan itu.
0
Bubarkan Salat Berjemaah di Parepare Berujung Polisi
Seorang camat di Kota Parepare Sulsel dilaporkan ke polisi karena berusaha membubarkan jemaah yang hendak salat Jumat berjemaah.