UNTUK INDONESIA
Muhadjir Effendy Pastikan 69 WNI ABK Negatif Corona
69 warga negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess yang tiba BIJB) Kertajati dipastikan bebas dari virus corona.
Sejumlah petugas mengenakan pakaian pelindung lengkap saat bersiap menyambut kedatangan kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu, 1 Maret 2020. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja/wsj)

Jakarta - 69 warga negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess yang tiba di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu, 1 Maret 2020 dipastikan bebas dari virus corona atau COVID-19.

Pasalnya, kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy pemerintah telah melakukan pemeriksaan kesehatan selama dua kali terhadap 69 WNI ABK, termasuk pemeriksaan PCR dari otoritas Jepang.

"Mereka dalam keadaan sehat, kalau tidak sehat tidak boleh dievakuasi. Itu sudah jadi standar WHO. Tidak boleh ada orang dalam keadaan sakit dievakuasi," ucapnya di BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin, 2 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

ABK Diamond PrincessWNI kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona tiba di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin, 2 Maret 2020. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja/wsj)

Di atas KRI, menurut Muhadjir 69 WNI ABK akan menjalani pemeriksaan kesehatan kembali, yaitu pengecekan klinis dan pengambilan sampel tenggorok dan sampel darah untuk pemeriksaan laboratorium.

"Sampai di kapal diambil spesimen lagi untuk dipastikan yang bersangkutan dalam keadaan sehat," kata dia.

Muhadjir menegaskan upaya evakuasi dilakukan dengan penuh kehati-hatian untuk memastikan kondisi WNI ABK dalam keadaan sehat.

Proses evakuasi 69 WNI ABK itu disaksikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) BNPB Doni Monardo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan sejumlah pejabat kementerian dan instansi lainnya.

Pesawat Garuda Indonesia yang membawa 69 WNI ABK Diamond Princess dari Yokohama, Jepang mendarat pada 23.03 di Bandara Kertajati, Minggu, 1 Maret 2020.

Setelah mendarat di Bandara Kertajati 69 WNI akan diangkut menggunakan lima bus Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto menuju ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Indramayu milik PT PLN.

Mereka dievakuasi menggunakan KRI Suharso dari dermaga PLTU Indramayu ke Pulau Sebaru, DKI Jakarta untuk karantina kesehatan selama 14 hari. []

Berita terkait
69 WNI ABK Diamond Princess Tiba di BIJB Kertajati
Pesawat Garuda Indonesia yang membawa 69 warga negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess dari Yokohama, Jepang mendarat.
Demokrat Sebut Anies Nikmati Kerja Ahok Cegah Banjir
Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menikmati hasil kinerja Ahok mencegah banjir.
Karantina WNI Diamond Princess di Pulau Sebaru Kecil
Menko PMK Muhadjir Effendy menuturkan tidak akan menggabungkan 69 WNI ABK Diamond Princess dengan 181 WNI World Dream yang tiba lebih awal.
0
Perwal Medan Lawan Covid, Warga Wajib Pakai Masker
Peraturan Wali Kota Karantina Kesehatan dalam rangka memutus Covid- 2019 di Kota Medan resmi diberlakukan.