UNTUK INDONESIA
Karantina WNI Diamond Princess di Pulau Sebaru Kecil
Menko PMK Muhadjir Effendy menuturkan tidak akan menggabungkan 69 WNI ABK Diamond Princess dengan 181 WNI World Dream yang tiba lebih awal.
Petugas kesehatan bersiap menyemprotkan cairan disinfektan kepada WNI ABK Diamond Princess dan barang bawaan saat turun dari kapal di Yokohama, Jepang, Minggu, 2 Maret 2020. (Foto: Antara/HO/KBRI Tokyo/wpa/hp)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menuturkan tidak akan menggabungkan 69 warga negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess dengan 188 WNI kapal pesiar World Dream yang tiba lebih awal ke Tanah Air meski telah dinyatakan bebas dari virus corona atau COVID-19.

"WNI dari Kapal Diamond Princess dan Pesiar World Dream untuk sementara dipisah," kata Muhadjir di Indramayu, Minggu, 1 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Hanya saja, tempat observasi 69 WNI ABK Diamond Princess sama dengan 188 WNI World Dream di Pulau Sebaru Kecil. Tapi, tidak digabung di satu tempat selama 14 hari observasi.

Muhadjir mengatakan hal tersebut merupakan prosedur yang harus dilalui ketika melakukan isolasi untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19. "Ini semua prosedur saja, karena semua WNI yang pulang itu sudah sehat," ujarnya.

Pesawat Garuda Indonesia yang membawa 69 WNI ABK Diamond Princess dari Yokohama, Jepang mendarat pada 23.03 di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu, 1 Maret 2020.

setelah mendarat di Bandara Kertajati 69 WNI akan diangkut menggunakan lima bus Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto menuju ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Indramayu milik PT PLN.

Mereka akan dievakuasi menggunakan KRI Suharso dari dermaga PLTU Indramayu ke Pulau Sebaru untuk karantina kesehatan selama 14 hari. []

Berita terkait
69 WNI ABK Diamond Princess Tiba di BIJB Kertajati
Pesawat Garuda Indonesia yang membawa 69 warga negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess dari Yokohama, Jepang mendarat.
WNI ABK Diamond Princess Mendarat di BIJB Kertajati
Menhub Budi Karya Sumadi memilih BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat untuk turunkan 69 WNI ABK Diamond Princess dari Yokohama, Jepang.
Jokowi Ungkap Alasan ABK Dievakuasi ke Pulau Seribu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan mengapa WNI ABK kapal di Jepang akan dievakuasi ke Kepulauan Seribu di Jakarta.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya