UNTUK INDONESIA
69 WNI ABK Diamond Princess Tiba di BIJB Kertajati
Pesawat Garuda Indonesia yang membawa 69 warga negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess dari Yokohama, Jepang mendarat.
Pesawat Garuda yang membawa 69 WNI ABK Diamond Princess yang terbang dari Bandara Haneda, Jepang, mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu, 1 Maret 2020. (Foto: Antara/Ajat Sudrajat)

Jakarta - Pesawat Garuda Indonesia yang membawa 69 warga negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess dari Yokohama, Jepang mendarat pada 23.03 di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu, 1 Maret 2020.

Berjarak 200 meter dari landasan pesawat, lima unit bus bertuliskan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto sudah bersiap membawa ABK yang terdiri dari dua wanita dan 67 pria, seperti dilansir dari Antara.

Hingga pukul 23.12, seluruh WNI ABK masih di dalam pesawat atau belum ke luar dari pesawat.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memilih Bandara Kertajati sebagai tempat pendaratan pesawat Garuda Indonesia yang membawa 69 WNI ABK Diamond Princess yang terbang dari Bandara Haneda, Jepang.

Salah satu alasannya, kata dia lalu lintas penerbangan pesawat di Bandara Kertajati paling sedikit, dibandingkan dengan bandara lain dalam negeri.

"Jadi sangat memungkinkan untuk dilakukannya pendaratan di sini. Kemudian, penerbangan terakhir di Bandara Kertajati yaitu 21.00, sementara pendaratan pesawat Garuda yang membawa 69 WNI sekitar 23.00,” ucap Budi Karya Sumadi.

Selain itu, menurutnya kapasitas Bandara Kertajati luas. "Jadi selama tiga hari, pesawat itu tidak bergerak dari tempatnya karena ada sterilisasi oleh Kementerian Kesehatan. Kalau di tempat lain, tempatnya penuh semua," tuturnya. []

Berita terkait
WNI ABK Diamond Princess Mendarat di BIJB Kertajati
Menhub Budi Karya Sumadi memilih BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat untuk turunkan 69 WNI ABK Diamond Princess dari Yokohama, Jepang.
Besok 69 WNI Diobservasi Corona di Sebaru Jakarta
Sebanyak 69 WNI akan memulai masa observasi virus corona di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta, besok Senin, 2 Maret 2020.
Dipulangkan, 69 WNI Anak Buah Kapal Diamond Princess
69 WNI ABL pesiar Diamond Princess yang tertahan di Yokohama, Jepang, dipulangkan ke Tanah Air dengan angkutan udara ke Bandara Kertajati
0
Anggota DPR Minta Data Penerima Bansos Diperbaiki
Anggota DPR, Intan Fauzi menyebutkan penyaluran dana bansos masih kerap salah sasaran akibat data penerima tidak valid.