Mitsubishi Minicab MiEV, Mobil yang Dicoba Jokowi di GIIAS

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke acara Gaikin Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2021. ini jenis mobil yang dicoba Jokowi.
Presiden Joko Widodo menjajal mobil Minicab MiEV di GIIAS 2021. (Foto: Tagar/Ranu)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke acara Gaikin Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2021. Saat berkunjung, Jokowi mengunjungi berbagai booth yang ada di acara tersebut. Selain itu, Jokowi juga menjajal salah satu mobil ramah lingkungan yang bernama Mitsubishi Minicab HiEV di ICE BSD City pada Rabu, 17 November 2021.

Minicab MiEV merupakan sebuah mobil Light Commercial Vehicle (LCV) yang berbentuk van serta dengan ukuran yang mungil. Mobil Minicab MiEV dari Mitsubishi ini dapat memenuhi kebutuhan mobilitas yang berada di lingkungan yang sempit dan padat.

Dalam akun Instagram pribadinya, Jokowi menyebutkan bahwa mobil Minicab MiEV ini berjalan dengan suara yang hening saat mencobanya dengan mengitari depan gedung pameran GIIAS 2021 di ICE BSD, Tangerang.


Sudah waktunya kita membangun ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan untuk itu pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik.


“Di arena pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show di BSD City, Kabupaten Tangerang, pagi tadi, saya sempat menjajal salah satu mobil listrik, Mitsubishi Minicab Miev. Wusss ... meluncur dengan suara hening mengitari pelataran depan gedung pameran,” tulis Presiden Joko Widodo dalam akun Instagram pribadinya pada, dilihat, Jumat, 19 November 2021.

“Sudah waktunya kita membangun ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan. Untuk itu, pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik maupun hybrid,” tulis Presiden Joko Widodo.

Mobil Minicab HiEV mempunyai dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.915 mm, dengan jarak sumbu roda 2.390 mm. di Jepang, terdapat dua pilihan kapasitas baterai lithium-ion yang berdasarkan jarak tempuhnya yakni, 100 km dan 150 km.

Untuk tipe dengan jarak 100 km dibutuhkannya pengisian 4.5 jam untuk pengisian penuhnya. Sedangkan, tipe dengan jarak 150 membutuhkan waktu kurang lebih 7 jam agar baterai dapat terisi penuh.

Selain itu, Minicab MiEV memiliki fitu daya listrik 1500W DC yang dapat menjadi sumber tenaga listrik dengan menyalurkan daya AC 100 V yang bisa untuk menyalahkan peralatan elektronik di luar ataupun didalam ruangan.

Di Jepang mobil ini sudah dijual dari tahun 2011 lalu dan digunakan untuk kendaraan logistik didalam kota yang padat dengan jarak tempuh sekitar 100 km. di Jepang, mobil ini dijual dengan harga 1,73 juta Yen hingga 2,4 juta Yen atau setara dengan Rp 214,7 juta hingga Rp 297,8 juta.

Namun, di Indonesia mobil ini masih menjalani tahap uji coba dan Minicab MiEV belum dapat dijual. Dengan menjalaninya tahap uji coba tersebut menjadi sebuah pertimbangan untuk menjual mobil ini atau tidak.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Tips Penting Mencuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan
Perlu diketahui, ada banyak resiko yang bisa terjadi pada kondisi mobil saat membiarkannya tidak dicuci setelah diguyur hujan.
Jangan Panik! Ini 5 Tips Mengatasi Mobil Terendam Banjir
Curah hujan di Indonesia mulai meningkat serta sudah mulai bermunculan banjir di beberapa wilayah Indonesia. Nah, ini tips atasi mobil terendam.
Tips Membeli Mobil dari Uang Tabungan Secara Cash
Anda bisa menjual barang di rumah yang mungkin sudah tidak anda pakai, namun masih layak digunakan orang lain.
0
Mitsubishi Minicab MiEV, Mobil yang Dicoba Jokowi di GIIAS
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke acara Gaikin Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2021. ini jenis mobil yang dicoba Jokowi.