Kunjungi GIIAS 2021, Jokowi: Industri Otomotif Makin Membaik

Jokowi mengunjungi pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, sebut industri otomotif makin membaik di Indonesia.
Preseiden Joko Widodo mencoba mobil listrik Minicab - MiEV saat mengunjungi GIIAS 2021. (Foto: Tagar/Instagram/@jokowi)

Jakarta – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada, Rabu, 17 November 2021 yang digelar di ICE BSD. Dalam kunjungannya tersebut Jokowi menyampaikan bahwa industri otomotif merupakan salah satu yang terkena dampak pandemi sangat besar pada tahun 2020.

“Industri otomotif salah satu industri yang terkena dampak yang sangat besar karena pandemi di tahun 2020 yang lalu dan pemerintah tahu bahwa industri otomotif ini membawa gerbong yang tidak sedikit untuk UMKM yang mensuplai komponen-komponen yang ada,” kata Jokowi dalam pidato di GIIAS 2021 melalui Kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, 17 November 2021.

Untuk mendorong penjualan industri otomotif, pemerintah sebelumnya suda membuat kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Dengan adanya kebijakan tersebut mampu mengdongkrak penjualan serta produksi dari Industri otomotif.


Pentingnya segera dibangun ekosistem untuk mobil yang ramah terhadap lingkungan mobil yang rendah emisinya oleh sebab itu kita mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybird.


Presiden Joko Widodo juga mengatakan, bahwa adanya kenaikan kurang lebih sekitar 60 persen, hal ini tentunya sangat bagus dalam upaya untuk pemulihan perekonomian di Indonesia.

“Terakhir angka yang saya dapatkan ada kenaikan kurang lebih 60 persen, ini sangat baik untuk memberikan dorongan pada pemulihan ekonomi,” ujar Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan untuk segera dibangunnya ekosistem mobil – mobil ramah lingkungan dan rendah emisi.

“Pentingnya segera dibangun ekosistem untuk mobil yang ramah terhadap lingkungan, mobil yang rendah emisinya. Oleh sebab itu, kita mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybird. Tetapi sekali lagi yang semuanya harus ramah lingkungan,” ucap Jokowi.

Dalam kunjungannya di GIIAS 2021 tersebut Presiden Jokowi mengelilingi setiap booth yang ada pada pameran otomotif tersebut, dengan didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan ketua umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

Jokowi juga mencoba mobil listrik dari Mitsubishi yakni, Minicab – MiEV. Mobil tersebut merupakan kendaraan yang ringan dan mampu untuk memenuhi kebutuhan mobilitas yang ada di lingkungan sempit dan padat.

Sebagai informasi, mobil ramah lingkungan Minicab – MiEV sudah dijual di Jepang pada akhir tahun 2011 lalu. Di Jepang mobil ini biasanya digunakan sebagai kendaraan logistik di dalam kota serta mampu menempuh jarak sekitar 100 km.

Mobil tersebut pun dapat digunakan dalam perkotaan yang padat karena, mobil ramah lingkungan ini memberikan daya yang besar, nol emisi dan senyap sehingga cocok digunakan dalam kota yang padat.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Presiden Jokowi Dorong Pembangunan Ekosistem Mobil Listrik
Presiden Jokowi sampaikan pentingnya ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan agar segera dibangun
Presiden Jokowi Lantik 12 Duta Besar RI Untuk Negara Sahabat
Presiden Jokowi lantik 12 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia untuk negara sahabat
Presiden Jokowi Lantik Suharyanto Jadi Kepala BNPB
Presiden Jokowi melantik Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB
0
Kunjungi GIIAS 2021, Jokowi: Industri Otomotif Makin Membaik
Jokowi mengunjungi pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, sebut industri otomotif makin membaik di Indonesia.