Tips Penting Mencuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan

Perlu diketahui, ada banyak resiko yang bisa terjadi pada kondisi mobil saat membiarkannya tidak dicuci setelah diguyur hujan.
Mobil (Foto: Tagar/Pixabay/The Other Kev)

Jakarta – Saat musim hujan tiba, para pengendara motor atau mobil pasti enggan mencuci setelah dipakai. Kendaraan yang dipakai saat musim hujan memang cepat kotor, banyak diantaranya yang hanya mengeringkannya dengan lap saja, tidak mencucinya. 

Perlu diketahui, ada banyak resiko yang bisa terjadi pada kondisi mobil saat membiarkannya tidak dicuci setelah diguyur hujan.

Salah satunya adalah munculnya karat pada mobil, sehingga membuat tampilan cat mobil menjadi jelek. Oleh sebab itu, inilah alasan mengapa anda harus mencuci mobil setelah terkena air hujan.


Air Hujan Mengandung Kadar Garam

Terdapat kadar garam yang terkandung dalam air hujan. perlu diingat, air hujan berasal dari kumpulan air yang menguap. Dari banyaknya sumber uap air dalam hujan, sebagian besar pasti berasal dari air laut. 

Uap dari air laut ini yang membawa larutan garam tercampur dalam hujan. Jika dibiarkan, kandungan garam akan membuat cat mobil cepat rusak dan dapat menimbulkan karat. Cuci mobil dengan baik dan keringkan menggunakan kain lap microfiber atau Plas Chamois.


Hujan Tercemar Polusi

Selain mengandung kadar garam, air hujan yang sudah tercampur dengan polusi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi. Apalagi anda yang tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat polusi cukup tinggi. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin karat akan timbul dan merusak fisik mobil. Untuk itu, agar tidak ada polusi yang menempel pada mobil, anda harus segera mencucinya ya.


Kandungan Oksigen Terlarut yang Tinggi

Besi yang sering terkena oksigen dapat bereaksi dan memunculkan karat. Terlebih lagi yang oksigen yang terkandung pada air hujan. Besi pada mobil akan lebih mudah menyerap oksigen dan karat dapat dengan mudah muncul. Meski tidak terlihat, di permukaan mobil pasti memiliki retakan berukuran mikroskopis yang dapat dimasuki oleh oksigen yang terlarut dalam air hujan. Inilah penyebab utama munculnya karat pada mobil.


Membersihkan Pasir dari Bawah Mobil

Saat berkendara di bawah guyuran hujan pasti banyak kotoran jalan yang ikut menempel di bawah mobil. Pasir yang tidak segera dibersihkan akan beresiko tinggi membuat mesin mobil cepat rusak. Saat mencuci mobil jangan lupa bersihkan bagian bawah mobil ya agar performa mesin mobil tetap optimal.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Inilah 5 Keunggulan Membeli Mobil Secara Kredit
Bagi kebanyakan orang, menabung untuk membeli mobil secara tunai bisa memakan waktu sangat lama.
Jokowi Sebut Memperbaiki Daerah Tangkapan Hujan Terkait Banjir Sintang
Presiden Jokowi sebut banjir Sintang, Kalbar, disebabkan oleh kerusakan pada daerah tangkapan hujan atau catchment area
Apa Itu Hujan Meteor? Bagaimana Ini Bisa Terjadi?
Memandangi hujan meteor bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Ini adalah salah satu fenomena langit yang menakjubkan!
0
Tips Penting Mencuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan
Perlu diketahui, ada banyak resiko yang bisa terjadi pada kondisi mobil saat membiarkannya tidak dicuci setelah diguyur hujan.