Jangan Panik! Ini 5 Tips Mengatasi Mobil Terendam Banjir

Curah hujan di Indonesia mulai meningkat serta sudah mulai bermunculan banjir di beberapa wilayah Indonesia. Nah, ini tips atasi mobil terendam.
Ilustrasi - Mobil Terendam Banjir. (Foto: Tagar/Unplash/Chris gallagher)

Jakarta – Memasuki akhir tahun, curah hujan di Indonesia mulai meningkat serta sudah mulai bermunculan banjir di beberapa wilayah Indonesia, di setiap akhir tahunnya. Banjir juga merupakan bencana alam yang tidak bisa untuk dihindari seperti turunnya hujan deras dalam waktu yang lama.

Banjir juga dapat membuat masalah pada kendaraan motor maupun mobil. Namun, untuk mengatasi mobil yang terendam banjir memang cukup rumit. 

Tapi harus tetap dilakukan agar kendaraan tersebut bisa kembali digunakan. Jika mobil anda terkena banjir, jangan panik lakukan lah lima langkah ini untuk meminimalkan kerusakan yang terjadi pada mobil anda.


1. Melepas kabel aki

Ini merupakan langkah pertama yang harus anda lakukan, hal ini dilakukan agar menghindari terjadinya korsleting listrik karena, kabel aki terhubung dengan komponen-komponen listrik yang ada pada mobil tersebut. 

Hal ini harus dilakukan, apalagi jika mobil anda keluaran terbaru. Karena mobil keluaran terbaru mempunyai sistem otomatis yang akan mengandalkan transmisi jaringan listrik.


2. Kuras tangki bensin

Mobil terendam banjir pasti akan sangat rentan tercampur dengan air. Anda bisa menguras tangki bensinnya sendiri, jika memang anda bisa melakukannya. 

Namun, jika tidak alangkah baiknya untuk membawanya kebengkel. Dengan menguras tangki bensin, mobil anda dapat terhindar dari karat pada bagian tangki, serta terhindar sistem pengapian yang terganggu.


3. Jangan nyalakan mobil

Jika anda ingin memindahkan mobil yang terendam banjir ke tempat yang lebih aman, sebaiknya jangan menyalahkan mobil tersebut, lebih baik cukup mendorong saja. 

Sebab, jika mesin dinyalakan pada saat ini akan menyebabkan korsleting listrik pada mobil, sehingga air akan lebih banyak masuk ke daerah mesin mobil.


4. Periksa interior dan bagian lainnya

Mobil yang terendam banjir memang perlu diperiksa dengan menyeluruh, hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan yang tidak bisa dideteksi jika hanya melihat saja. Periksa serta pastikanlah mobil anda tidak ada karat dan jamur yang menempel di interior maupun exterior.


5. Mematikan rem tangan

Langkah terakhir adalah dengan mematikanya rem tangan dapat menghindari rem kanvas yang lengket, sama seperti mobil yang lama tidak dipakai. 

Anda bisa menggunakan batu untuk mengganjal, serta anda juga bisa memindahkan gigi mesin ke gigi satu jika anda khawatir mobil anda terbawa arus banjir.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Tips Membeli Mobil dari Uang Tabungan Secara Cash
Anda bisa menjual barang di rumah yang mungkin sudah tidak anda pakai, namun masih layak digunakan orang lain.
Trik dan Cara Mudah Hitamkan Dashboard Mobil Seperti Baru
Minyak zaitun berguna untuk membantu menyamarkan, menghilangkan goresan serta memberi kilap hitam pada dashboard mobil Anda.
Cara Merawat Mobil Usai Berkendara Libur Tahun Baru
Supaya mobil tetap sehat dan selalu dalam kondisi terbaik dibutuhkan sedikit kebiasaan perawatan, berikut cara sederhana yang bisa Anda lakukan.
0
Jangan Panik! Ini 5 Tips Mengatasi Mobil Terendam Banjir
Curah hujan di Indonesia mulai meningkat serta sudah mulai bermunculan banjir di beberapa wilayah Indonesia. Nah, ini tips atasi mobil terendam.