Misi Mulia HKI dalam Membangun JTTS Belum Selesai

PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) saat ini tengah mengerjakan ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) lainnya.
Jalan tol. (Foto: Tagar/HKI)

Jakarta - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) telah selesai membangun Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) yang merupakan salah satu ruas dari Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS). Tol tersebut memiliki Panjang 131 km yang terdiri dari 6 seksi dan memiliki 5 simpang susun sehingga membuat jalan tol ini menjadi jalan tol terpanjang ke 3 di Indonesia.

Jalan TolJalan Tol Permai. (Foto:Tagar/HKI)

Setelah selesai mengerjakan Tol Permai, HKI saat ini tengah mengerjakan ruas JTTS lainnya yakni Ruas Bengkulu-Taba Penanjung, Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, Padang-Sicincin, Pekanbaru-Bangkinang, Indralaya-Prabumulih, dan Binjai-Pangkalan Brandan.

Adapun ruas JTTS lain yang sudah beroperasi yang sebelumnya sukses dikerjakan HKI adalah Ruas Tol Medan-Binjai Seksi 2 & 3 (sepanjang 11 km) dan Ruas Tol Palembang-Indralaya (sepanjang 22 km). Per akhir Agustus tahun 2020 ini, progress pengerjaan ruas-ruas JTTS yang dikerjakan HKI adalah sebagai berikut:

1. Ruas Medan-Binjai Seksi 1 (6 km) sebesar 91,2%

2. Ruas Bengkulu-Taba Penanjung (18 km) yakni 27,25%

3. Ruas Padang-Sicincin (35 km) yakni 24,02%

4. Ruas Pekanbaru-Bangkinang (40 km) sebesar 39,28%

5. Ruas Indralaya-Prabumulih (65 km) sebesar 15,94%

6. Ruas Binjai-Pangkalan Brandan (58 km) sebesar 13,22%

Dari sejumlah jalan tol tersebut, ruas jalan tol yang ditargetkan rampung dalam waktu dekat adalah Ruas Medan-Binjai Seksi 1. Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti mengatakan bahwa pengerjaan ruas JTTS memiliki tantangan tersendiri.

“Terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi saat mengerjakan ruas JTTS ini. Mulai dari cuaca, pembebasan lahan, hingga kondisi tanah yang lunak, yang menuntut kita untuk berpikir dan bekerja dengan cara yang seefektif mungkin,” katanya.

Baca juga:

Lebih lanjut Aji menyampaikan bahwa pihaknya selalu berupaya untuk menghadirkan karya terbaik dalam situasi apapun.

“Semangat kami dalam bekerja tidak pernah luntur meskipun menghadapi berbagai tantangan di lapangan. Kami mohon doanya agar ruas-ruas JTTS ini bisa terselesaikan dengan baik,” pungkasnya. []

Berita terkait
Pertama di Indonesia, HKI Gunakan CSP pada Struktur Utama Jalan Tol
PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) menjadi yang pertama menggunakan teknologi Corrugated Steel Plate (CSP) dan Mortar Busa pada struktur utama jalan tol di Indonesia, tepatnya di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).
PUPR: Investasi Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi
Kementerian PUPR tawarkan investasi pembangunan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi dan penggantian atau duplikasi jembatan CH di Pulau Jawa.
Inisiatif Warga Terdampak Jalan Tol Jogja - Bawen di Sleman
Warga terdampak tol Jogja-Bawen di Sleman mulai memikirkan mencari tanah pengganti tempat tinggalnya. Ini beberapa iniatif dari warga.
0
Banyak Kepala Daerah Mau Jadi Kader Banteng, Siapa Aja?
Namun, lanjut Hasto Kritiyanto, partainya lebih mengutamakan dari independen dibandingkan politikus dari parpol lain.