Pertama di Indonesia, HKI Gunakan CSP pada Struktur Utama Jalan Tol

PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) menjadi yang pertama menggunakan teknologi Corrugated Steel Plate (CSP) dan Mortar Busa pada struktur utama jalan tol di Indonesia, tepatnya di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).
HKI gunakan teknologi CSP & Mortar Busa sepanjang 159 meter. (Foto: Tagar/HKI)

Jakarta - HKI berupaya untuk terus mengedepankan inovasi dan terobosan terbaru dalam setiap proses pekerjaannya. Dalam pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) Seksi 4 yakni Kandis Utara hingga Duri Selatan dengan panjang 26,2 km, HKI menggunakan teknologi CSP & Mortar Busa sepanjang 159 meter.

Corrugated Steel Plate (CSP) merupakan inovasi struktur baja plat yang dimodifikasi dengan bentuk bergelombang sehingga kekuatan strukturnya meningkat hingga 50 kali lipat. Mortar Busa merupakan bahan pengganti/agregat di atas CSP untuk yang memiliki keunggulan yakni berat jenisnya yang hanya 0,9 ton/m3 atau kurang lebih setara dengan setengah dari berat timbunan tanah, namun memiliki daya tahan (strength) tinggi.

Penggunaan CSP & Mortar Busa menjadikan jalan tol Permai sebagai jalan tol pertama di Indonesia yang menggunakan CSP & Mortar Busa di jalur utamanya (main road). Dibandingkan menggunakan timbunan, penggunaan CSP & Mortar Busa pada main road jalan tol lebih ringan secara bobot, sehingga pondasi struktur menjadi lebih hemat. CSP yang merupakan produk rakitan ini, memiliki struktur kuat dengan durabilitas tinggi.

Hal ini membuat proses pengerjaan di lokasi proyek sangat minim dan bersih karena hanya terdapat kegiatan instalasi dan finishing sehingga lebih cepat dalam proses pelaksanaannya.

Jalan tolJalan tol. (Foto: Tagar/HKI)

Selain lebih cepat, penggunaan CSP membuat pelaksanaan di proyek lebih mudah karena tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca, ditambah konsumsi bahan alamnya yang jauh lebih sedikit daripada menggunakan metode timbunan. Penggunaan CSP & Mortar Busa membuat masa konstruksi lebih efisien 60-70% dan menghemat waktu pekerjaan hingga 50% dibandingkan konstruksi konvensional.

Direktur Operasi II HKI I Wayan Mandia memaparkan bahwa penggunaan CSP & Mortar Busa di Tol Permai ini memiliki tantangan tersendiri.

“HKI baru pertama kali menggunakan CSP & Mortar Busa di jalur utama jalan tol, diperlukan perhatian khusus mulai dari konsep desain, gambar pelaksanaan, dan ketelitian yang dituangkan dalam metode pelaksanaan lapangan, serta intens melakukan pengawasan dan evaluasi berkala pelaksanaan juga improvement untuk mempercepat setiap tahapan pekerjaan, sehingga dapat menghasilkan karya terbaik,” ujar Wayan. []

Baca juga:

Berita terkait
PUPR: Investasi Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi
Kementerian PUPR tawarkan investasi pembangunan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi dan penggantian atau duplikasi jembatan CH di Pulau Jawa.
Pesan Jokowi Saat Resmikan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai
Jokowi menyampaikan beberapa pesan ketika meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru - Dumai sepanjang 131,5 kilometer secara virtual.
Inisiatif Warga Terdampak Jalan Tol Jogja - Bawen di Sleman
Warga terdampak tol Jogja-Bawen di Sleman mulai memikirkan mencari tanah pengganti tempat tinggalnya. Ini beberapa iniatif dari warga.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.