Mirip Gali Lobang Tutup Lobang, Begini Cara Kerja Refinancing

Ada perbedaan prosedur yang harus diambil saat melakukan refinancing sesuai kebijakan kreditur yang dituju.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Refinancing adalah teknik yang dapat dikatakan mirip dengan prinsip gali dan tutup lubang. Namun bagaimana sebenarnya cara kerja refinancing itu?

Umumnya refinancing sebuah metode yang dimanfaatkan seseorang yang mengalami perubahan suku bunga atau kebijakan pinjaman lainnya. Sehingga mereka perlu mencari pengganti dari kreditur lama tersebut.

Otomatis dari motif awal tadi, mereka perlu melunasi pinjaman lama agar tidak menumpuk dan membuat pengeluaran jadi membengkak. Nah, dengan begitu debitur refinancing bisa menuju pihak lain yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan kebijakan lebih baik dari sebelumnya.

Sebenarnya ada perbedaan prosedur yang harus diambil saat melakukan refinancing sesuai kebijakan kreditur yang dituju. Namun, secara umum langkah atau cara kerja refinancing yang harus dilalui secara singkat bisa Anda baca lewat poin-poin ini.

1. Telah memiliki pinjaman di pihak kreditur manapun.

2. Punya keinginan untuk memperbaiki atau menyudahi pinjaman yang sudah tidak memiliki kesamaan kebijakan seperti saat perjanjian awal.

3. Mencari dan mengajukan pinjaman baru pada kreditur yang lebih baik.

4. Jika disetujui, ikuti prosedur yang diminta kreditur. Hal ini meliputi verifikasi histori utang dan kelengkapan dokumen.

5. Lakukan pembayaran hingga lunas.


(Sri Wahyuni Sitorus)


Baca Juga






Berita terkait
Kenali Bentuk Pinjaman Sehat Menurut Perencana Keuangan
Kita bisa saja mengjaukan pinjaman, asalkan jangan gunakan pinjaman itu untuk memenuhi gaya hidup.
Ingat! Jangan Pakai Dana Pinjaman untuk Investasi
Investasi memang menjadi minat masyarakat saat ini karena keuntungan saat Investasi mampu menarik masyarakat menanamkan uangnya di Bursa saham.
Tips Agar Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal
Sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa pinjaman yang diberikan tidak harus sepenuhnya dibayarkan kembali.
0
Investasi Sosial di Aceh Besar, Kemensos Bentuk Kampung Siaga Bencana
Lahirnya Kampung Siaga Bencana (KSB) merupakan fondasi penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Seperti yang selalu disampaikan Mensos.