Minuman Beralkohol Mempercepat Penuaan Kulit

Alkohol memiliki efek dehidrasi yang akan berkontribusi pada percepatan penuaan kulit.
Ilustrasi Minuman Keras/Beralkohol. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Anda rutin melakukan perawatan terhadap kuli dengan memberikan krim hingga pelembab? Upaya ini bisa bisa sia-sia bila Anda masih mengonsumsi alkohol secara rutin. Karena, krim perawatan kulit hingga pelembap memang bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari luar.

Dikutip dari EatThis, sebuah penelitian terbaru menyebut alkohol sebagai minuman terburuk yang dapat membuat kulit menua lebih cepat, karena alkohol memiliki efek merugikan terhadap hidrasi tubuh dan kesehatan hati yang berperan paling besar untuk menunjang kesehatan kulit seiring dengan proses penuaan.

"Kulit Anda akan menjadi lebih tipis dan kering seiring dengan proses penuaan Anda dan faktor eksternal bisa mempercepat proses ini," jelas ahli gizi dan penulis The Sports Nutrition Playbook, Amy Goodson MS RD CSSD LD.

Salah satu faktor eksternal yang dimaksud Goodson adalah alkohol. Dia mengatakan alkohol memiliki efek dehidrasi yang akan berkontribusi pada percepatan penuaan kulit.

"Ketika (alkohol) dikonsumsi dalam jumlah besar seiring waktu," jelas Goodson.

Konsumsi alkohol secara rutin juga bisa mempercepat penuaan kulit ketika pola tidur terganggu. Studi dalam Nature menemukan bahwa laki-laki yang rutin mengonsumsi alkohol cenderung lebih rentan mengalami masalah tidur. Sedangkan studi dalam Case Medical Center mengungkapkan bahwa masalah tidur yang berkelanjutan dapat mempercepat penuaan.

Hal ini turut didukung oleh munculnya tanda-tanda fisik penuaan yang disebabkan oleh kurang tidur. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan penurunan kemampuan seseorang untuk memulihkan diri dari stresor eksogen.

Stresor eksogen tersebut bisa berupa sinar matahari, beberapa zat kimia pada riasan wajah atau produk perawatan kulit, polusi udara, atau asap rokok. Di sisi lain, kandungan gula yang tinggi dalam minuman beralkohol juga bisa berkontribusi pada percepatan proses penuaan kulit. []


Baca Juga


Berita terkait
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Mempercepat Penuaan
Kebiassan ini menyebabkan kerusakan yang signifikan pada DNA dan merusak gaya hidup sehat kita.
Manfaat Lulur Tradisional untuk Mencegah Penuaan Dini
Lulur sudah ada sebelum Indonesia Merdeka sejak zaman kerajaan para putri dan bangsawan selalu memakai lulur. Berikut manfaat lulur bagi wajah.
5 Bahan Alami Atasi Penuaan Dini, Ini Cara Penggunaannya
Penuaan merupakan masalah yang banyak dialami oleh orang-orang terutama bagi mereka yang telah berusia lanjut. Ini cara mengatasinya.
0
Gelar Apresiasi 'Setapak Perubahan Polri', Masyarakat Dukung Polri Agar Lebih Baik Lagi
Sigit menekankan, Polri selalu berkomitmen membuka dan memberikan ruang kepada seluruh elemen masyarakat untuk menyampaikan pendapat.