Enam Tips Merawat Wajah dari Penuaan Dini
Penuaan merupakan hal yang alami, karena melibatkan faktor lingkungan dan gaya hidup. Berikut enam tips untuk mencegahnya.
Ilustasi wajah tampak lebih muda dan bersih. (Foto: pixabay)

Jakarta - Ketika usia mendekati 30 tahun, tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada kulit biasanya muncul pada wanita atau pria. Proses penuaan merupakan hal yang alami, karena melibatkan faktor lingkungan, kondisi tubuh, hingga gaya hidup.

Dikutip dari laman Boldsky, berikut berapa cara ampuh untuk mencegah penuaan dini:

1. Banyak Minum Air Mineral

Ketika usia bertambah tua, kulit biasanya akan menjadi lebih kering karena produksi minyak dalam tubuh menurun. Untuk mengatasi itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi. Minum banyak air dapat mencegah dehidrasi sekaligus sarana membuang racun dari tubuh.

2. Istirahat yang cukup

Kurang tidur beberapa jam saja bisa menyebabkan lingkaran matam hitam. Lingkaran hitam dis ekitar mata merupakan tanda kulit mulai mengalami penuaan.

3. Rajin membersihkan kulit

Kosmetik kimia dapat mempercepat munculnya keriput. Sebab itu bagi pengguna make up yang mencoba menutupi noda-noda pada kulit, jangan lupa membersihkannya sebelum tidur.

4. Gunakan obat-obat yang natural

Menggunakan bahan-bahan anti penuaan alami seperti kunyit, susu, dan lidah buaya dapat membuat kulit lebih sehat dan lebih minim efek samping. Semakin sering menggunakan bahan-bahan alami, kulit akan semakin sehat.

5. Konsumsi makanan antioksidan

Makanan yang dikonsumsi memiliki peran penting dalam memperlambat penuaan kulit. Misalnya mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti berry, brokoli, dan paprika. Makanan tersebut akan membantu membangun kolagen yang membuat kulit semakin segar.

6. Mendetoksifikasi tubuh

Detoksifikasi dapat dilakukan dengan menghindari konsumsi makanan olahan dan kafein. Selain itu, dapat juga melakukannya dengan mencampur segelas air lemon dan madu. Minuman tersebut dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Baca juga: 

Berita terkait
0
Membuat Kabin Mobil Tetap Harum
Banyak aktivitas dilakukan di dalam mobil sambil mengemudi terlebih bagi seseorang yang mobilitasnya tinggi.