5 Bahan Alami Atasi Penuaan Dini, Ini Cara Penggunaannya

Penuaan merupakan masalah yang banyak dialami oleh orang-orang terutama bagi mereka yang telah berusia lanjut. Ini cara mengatasinya.
Ilustrasi – Buah lemon. (Foto: Tagar/Pexels/Sarah Chai)

Jakarta - Penuaan merupakan masalah yang banyak dialami oleh orang-orang, terutama bagi mereka yang telah berusia lanjut. Selain faktor usia, penuaan dini juga kerap terjadi di kalangan anak muda.

Paparan sinar UV langsung, kurang tidur, darah tinggi, stres, tidak membersihkan wajah, hingga kurangnya konsumsi makanan sehat merupakan beberapa faktor pendorong penuaan diri muncul.

Penuaan dini ini tidak hanya muncul dalam bentuk kerutan, namun juga bintik-bintik penuaan, kulit kendur, serta garis-garis halus yang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Beragam cara kerap dilakukan untuk mencegah masalah kulit ini terjadi, seperti mengurangi konsumsi alkohol dan kafein, memperbaiki pola tidur, hingga merawat kulit dengan skin care. Namun, di samping itu ada juga pencegahan yang dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami. Berikut 5 bahan alami yang mampu mengatasi penuaan dini beserta cara penggunaanya.


1. Bunga lawang

Bunga lawangIlustrasi – Bunga lawang. (Foto: Tagar/Pexels/Pixabay)


Bunga lawang mampu mencegah penuaan dini karena terkandung banyak antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat memicu penuaan dini.

Bunga lawang umumnya telah diproses sedemikian rupa hingga membentuk kapsul. Dari kapsul tersebut, Anda dapat merasakan manfaat bunga ini dengan mengonsumsinya dalam takaran dosis satu kali sehari.


2. Lemon

Buah lemonIlustrasi – Buah lemon. (Foto: Tagar/Pexels/Sarah Chai)


Lemon mengandung sekitar 20 mg vitamin C yang mampu mengurangi kerutan, mencegah penuaan dini, serta melembabkan kulit. Selain itu, terkandung juga antioksidan yang berperan penting untuk meremajakan kulit dan antiradikal.

Dalam penggunaannya, buah ini bisa dimanfaatkan dalam bentuk cairan. Siapkan setengah potong buah lemon, lalu peras dan larutkan ke dalam satu botol air.


3. Kencur

KencurIlustrasi – Kencur. (Foto: Tagar/shutterstock/Sutana4)


Selain bunga lawang, bumbu dapur yang juga dapat mencegah penuaan dini adalah kencur. Kencur merupakan salah satu tanaman rimpang yang kaya akan kandungan senyawa. 

Dalam kandungan tersebut, terdapat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan antiinflamasi yang dapat mengatasi proses peradangan di dalam tubuh.

Cara mengonsumsinya pun sangat mudah, cukup hancurkan kencur dan campur ke dalam 100 ml air hangat. Anda juga bisa mencampur racikan tersebut dengan madu agar lebih nikmat. 

Kencur dapat dikonsumsi rutin dengan takaran maksimal 2 cangkir perhari. Selain itu, kencur juga tidak boleh dikonsumsi lebih dari sekitar 16-20 gram perhari karena dapat menimbulkan masalah kesehatan.


4. Alpukat

Buah alpukatIlustrasi – Buah alpukat. (Foto: Tagar/Pexels/ Vova Krasilnikov)


Di balik rasanya yang nikmat, alpukat ternyata juga mampu mencegah penuaan dini. Kandungan lemak yang ada di dalam buah berwarna hijau ini membantu kulit Anda tetap lembab dan fleksibel. Selain itu, alpukat juga membuat kulit lebih halus dan membantu mempertahankan kulit dari paparan sinar matahari.

Anda dapat merasakan manfaatnya jika mengonsumsi buah ini secara rutin, baik dimakan langsung maupun dijadikan jus. Selain itu, Anda juga bisa mengubahnya menjadi masker wajah dengan mencampurkan setengah potong buah alpukat halus dan 1 sendok oats.

Lalu dioles ke wajah dan didiamkan selama 10-20 menit. Agar mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan masker ini selama 2-3 kali seminggu.


5. Teh hijau

Teh hijauIlustrasi – Teh hijau. (Foto: Tagar/Pexels/Anna Pyshniuk)


Dikenal sebagai bahan alami penurun berat badan, teh hijau juga memiliki kemampuan untuk meminimalisir kerutan di wajah serta membantu proses regenerasi sel yang dapat mencegah penuaan dini.

Dalam penggunaannya, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung dengan mencampur teh hijau dengan air hangat atau membuatnya menjadi masker alami dengan mencampurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan the, lalu di aplikasikan ke wajah dan di diamkan selama 10-20 menit.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah
Memang jerawat cepat hilang tetapi bekas jerawat akan terus berada di kulit lebih lama dibanding jerawat itu sendiri.
Ampuh! Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami
Mencerahkan atau memutihkan wajah sebenarnya tak harus dengan menggunakan produk pemutih instan. Berikut cara alami mencerahkan kulit wajah.
Cara Merawat Wajah Agar Tetap Sehat dan Bercahaya
Selain menjaga imun tubuh, kesehatan fisik lainnya seperti kulit tubuh dan wajah juga tentunya perlu diperhatikan. Berikut cara merawat wajah.
0
5 Bahan Alami Atasi Penuaan Dini, Ini Cara Penggunaannya
Penuaan merupakan masalah yang banyak dialami oleh orang-orang terutama bagi mereka yang telah berusia lanjut. Ini cara mengatasinya.