UNTUK INDONESIA

Merpati Balap Termahal di Dunia Punya Pengawal Sendiri

Harga merpati balap ini melampaui rekor yang dibuat oleh spesimen Belgia lainnya bernama Armando.
New Kim, burung merpati termahal di dunia. (Foto: Tagar/net)

Belgia - New Kim, seekor merpati balap berusia dua tahun dari Belgia baru-baru ini dinobatkan sebagai merpati termahal di dunia setelah seorang kolektor asal Afrika Selatan menawar 1. 3 juta euro ($ 1. 5 juta) dalam lelang online.

Hok Van De Wouwer, peternak merpati terkenal di Antwerp, Belgia baru-baru ini menjual seluruh koleksi merpati balapnya bulan ini. Duo ayah dan anak Gaston dan Kurt Van De Wouwer memiliki riwayat hidup yang membuat iri di antara peternak merpati lainnya. Mereka memenangkan banyak gelar merpati ace nasional dan tempat pertama di tingkat nasional. Tidak heran jika burung mereka banyak dicari dalam lelang online yang masih berlangsung.

Namun meski begitu, tidak ada yang menyangka burung berjenis kelamin betina berusia dua tahun bernama Kim Baru, memecahkan rekor dunia untuk merpati termahal.

Hanya dalam satu setengah jam setelah lelang ditayangkan di situs Pipa Piegon Paradise Senin lalu, New Kim sudah memiliki 226 tawaran, dengan yang tertinggi mencapai 1,3 juta euro. 

Harganya tidak beranjak sejak itu, tetapi dengan empat hari tersisa, itu sudah menjadi merpati termahal yang pernah ada, melampaui rekor yang dibuat oleh spesimen Belgia lainnya bernama Armando, di mana seorang kolektor China membayar 1.252.000 euro pada 2019.

Lelang secara resmi berakhir pada 15 November, sehingga tawaran baru masih bisa melampaui rekor tawaran Afrika Selatan, meski kecil kemungkinannya. Ada kemungkinan kecil bahwa penawaran dapat dibatalkan, tetapi penyelenggara membutuhkan deposit sebesar 20% dari jumlah total penawaran, bila melebihi 500.000 euro, jadi dalam hal ini Samuel Lofts akan kehilangan 300.000 euro.

Bagaimanapun, risiko kehilangan burung selama kompetisi, terlalu besar, dan menjual keturunan burung itu jauh lebih menguntungkan.

Rekor baru Kim dalam balapan memang luar biasa, dan memiliki silsilah yang mengesankan, tetapi para ahli mengatakan bahwa pembeli dalam hal ini seorang kolektor Afrika Selatan membayar harga yang sangat mahal untuk spesimen khusus agar tidak menggunakannya dalam balapan, tetapi untuk pembiakan.

Baca juga: Jokowi dan Prabowo Lepas Burung Merpati dalam Deklarasi Kampanye Damai

Baca juga: Sembilan Program dan Sembilan Merpati Khofifah-Emil

Bagaimanapun, risiko kehilangan burung selama kompetisi, terlalu besar, dan menjual keturunan burung itu jauh lebih menguntungkan.

Karena tawaran yang sangat tinggi, New Kim dilaporkan sedang dijaga oleh perusahaan keamanan, untuk memastikan bahwa tidak ada yang terjadi hingga menjadi milik pemilik barunya. []

Berita terkait
Lepas Merpati, Dua Paslon Jateng Sepakat Nyatakan Kampanye Damai
Dua pasangan Calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 sepakat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan kampanye damai
Tiongkok Borong Sarang Burung Walet Indonesia Rp 2,2 Triliun
Tiongkok resmi menandatangani kontrak baru pembelian sarang burung walet Indonesia senilai Rp 2,2 triliun.
Petani Burung Walet di Aceh Mengeluh, Harga Merosot Turun
Sejumlah pengusaha dan petani sarang burung walet di wilayah Barat Selatan Aceh mengeluh akibat harga turun hingga setengah dari harga bawaannya.
0
Perang Nagorno-Karabakh Tewaskan Ribuan Warga Negara Sipil
Perang antara Azerbaijan dan Armenia di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh selama lebih dari sebulan, menewaskan ribuan warga sipil