UNTUK INDONESIA
Menikmati Semilir Angin Laut di Enam Pantai Sulawesi
Sulawesi memiliki beberapa pantai yang menawarkan ambience yang menggoda. Berikut enam pantai yang bisa menjadi rekomendasi akhir pekan
Menikmati Semilir Angin Laut di Enam Pantai Sulawesi. (Foto: Instagram/jjs_makassar/@adhiey25)

Jakarta - Sulawesi memiliki pantai cantik nan aduhai, tentunya mampu memenuhi dahaga para pemburu pasir putih dan si ombak biru. Karena tidak bisa dipungkiri bagi sebagian orang pantai memiliki magnet tersendiri, malahan ada yang menyebutnya sebagai sea vitamin.

Nah, bagi penyuka pantai, ada pilihan menarik bila bertandang ke Pulau Sulawesi. Sebagai pulau terbesar ke-4 di Indonesia, tersimpan beberapa destinasi pantai yang menarik untuk dikunjungi. 

Berikut Tagar rangkumkan enam pantai yang bisa menjadi rekomendasi.

1. Pantai Apparalang

Pantai ApparalangMenikmati Semilir Angin Laut di Enam Pantai Sulawesi. (Foto: Instagram/like_makassar__)

Pantai Apparalang berada di Desa Ara, berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kabupaten Bulukumba. Pantai ini terlihat unik karena terletak di tepi tebing yang curam. Ditambah dengan deburan ombak dan hempasan angin laut. 

Perpaduan keindahan antara birunya air laut, karang-karang yang berada di antara air laut dan batuan dinding yang menjulang tinggi menjadi keindahan tersendiri.

Di Pantai Apparalang telah disediakan sebuah anjungan yang terbuat dari kayu. Pengunjung bisa mencapai permukaan air melalui tangga yang telah disediakan. 

Jika ingin menguji adrenalin dengan melompat dari ketinggian, bisa dilakukan saat berada di dermaga pertama sebelum sampai di bawah. Atraksi seru dari warga lokal pun bisa menjadi hiburan tersendiri.

Selain itu, ada banyak warung makan dengan hidangan lezat dan murah meriah. Menikmati hasil tangkapan ikan segar dari nelayan sekitar pun bisa menjadi opsi pengisi perut yang nikmat. 

2. Pantai Panrang Luhu

Pantai Panrang LuhuMenikmati Semilir Angin Laut di Enam Pantai Sulawesi. (Foto: Instagram/jjs_makassar/@adhiey25)

Panrang Luhu dalam bahasa setempat berarti pekuburan orang Luwu. Walau namanya memiliki arti yang cukup menyeramkan, pantai ini menawarkan nuansa alami. Pohon kelapa berjejer cantik di kawasan pesisir, membuat suasana semakin terasa syahdu.

Keindahan yang ditawarkan dari Panrang Luhu pada saat matahari terbit. Panorama yang indah akan memanjakan setiap mata yang memandang.

Selain itu, di pantai ini juga terkenal terkenal sebagai tempat penghasil Pinisi. Barisana kapal-kapal akan menjadi pemandangan yang khas di tempat ini. Proses pembuatan kapal yang tingginya bisa melampaui pohon kelapa itu akan terlihat di Panrang Luhu.

3. Pantai Marumasa

Pantai MarumasaMenikmati Semilir Angin Laut di Enam Pantai Sulawesi. (Foto: Instagram/zhoel_vichar13)

Pantai Marumasa berada di Desa Darubiah, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Luas area pantainya tidak terlalu panjang, namun memiliki pemandangan yang cukup eksotis dengan barisan pohon kelapa di sepanjang tepi pantai.

Pasir putih dan kondisi air yang jernih di Pantai Marumasa tak kalah dengan Tanjung Bira. Pantai ini juga berfungsi sebagai pelabuhan alam bagi masyarakat Dusun Marumasa, Desa Darubiah.

Ciri khas Pantai Marumasa adalah duah buah tanjung yang mengapit. Di atas tanjung bisa menikmati keindahan Pantai Marumasa dari ketinggian. 

Pengelola telah menyiapkan hammock alias sarung gantung. Bisa berayun lalu menikmati garis pantai dari ketinggian atau menyusuri gua-gua kecil lalu bergelantungan dengan hammock.

Bagi yang senang mendirikan tenda, disediakan space yang apik, di sana bisa menikmati suasana malam atau menikmati matahari tenggelam. Namun sebelumnya harus mendapat izin dari pemerintah setempat, agar aman dan bisa memberi tuntunan keselamatan. 

4. Pantai Bibir

Pantai BibirMenikmati Semilir Angin Laut di Enam Pantai Sulawesi. (Foto: Instagram/maxmisi)

Pantai Bibir yang berada di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan ini selalu menjadi incaran wisatawan untuk menenangkan diri dan menghilangkan kejenuhan akibat aktivitas keseharian.

Pantai ini memiliki pemandangan yang juga tak kalah keren dengan pantai lainnya di Indonesia. Sajian matahari terbenam akan menjadi keindahan tersendiri ketika bersantai di waktu sore.

Bagi yang hobi berfoto atau ingin mengabadikan momen terdapat beberapa spot yang bisa membuat hasil foto tampak keren. Pas buat feed Instagram, pastinya akan membuat kepincut untuk bisa memilikinya.

5. Pantai Punaga

Pantai Punaga yang berada di Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang, Takalar, Sulawesi Selatan ini menyajikan pemandangan yang alami dengan kontur pantai bervariasi. Pada bagian ujung pantai ini terdapat tebing besar dan cukup luas, tebing ini dipertahankan dan dibiarkan natural. 

Pantai berpasir putih, laut biru nan jernih, dan tebing bebatuan yang memikat menjadi daya tarik tersendiri Pantai Punaga. Selain itu, terpaan angin yang begitu sejuk bahkan tengah hari sekalipun berhasil membuat setiap orang ingin datang kembali. 

Pemandangan Pantai Punaga nyaris mirip dengan Tanah Lot Bali. Tak hanya dilihat dari tekstur alamnya, suasananya pun menawarkan hal yang tak jauh berbeda. Menurut banyak orang, Punaga salah satu surga tersembunyi yang ada di Sulawesi Selatan.

Asiknya, di Pantai Punaga bisa memesan secara langsung berbagai macam ikan laut dari nelayan setempat untuk disantap bersama dengan keluarga maupun teman. 

6. Pantai Ide

Pantai IdeMenikmati Semilir Angin Laut di Enam Pantai Sulawesi. (Foto: pantainesia)

Pantai Ide yang berada di Sorowako, Luwu Timur ini bisa jadi menjadi salah satu alternatif kunjungan wisata di akhir pekan. 

Pantai ini berbeda dari pantai kebanyakan yang sumber airnya dari laut lepas karena sumber airnya berasal dari Danau Matano, danau ikon Sorowako yang terkenal ke mana-mana.

Tidak akan ditemui pasir putih di Pantai Ide seperti di pantai-pantai lain. Namun, pemandangannya tak kalah bagus dengan pantai-pantai yang memiliki pasir putih.

Usut punya usut, asal muasal dinamakan Pantai Ide karena tempat ini sering dijadikan orang-orang untuk mencari ide. Dengan suasana yang tenang dan nyaman, pantai ini memang enak untuk mencari inspirasi. []

Berita terkait
Bikin Bangga, Pantai Karang Jahe Rembang Terbaik
Pantai Karangjahe di Rembang, Jawa Tengah masuk lima besar kawasan terbaik nusantara 2019. Pantai itu menyisihkan 80 potensi desa wisata lain.
Hutan Pinus Target Berburu Selfie Wisatawan Lokal
Hutan pinus kerap menjadi pilihan wisata bagi sejumlah wisatawan lokal untuk berburu foto yang menarik.
Lima Wisata Filipina Favorit Miyabi
Filipina memang salah satu negara destinasi yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan, salah satunya pernah dikunjungi Miyabi.
0
Polres Dairi Ringkus Pemakai Sabu di Tiga Lokasi
Tiga terduga pelaku tindak pidana narkotika jenis sabu di amankan di tiga lokasi terpisah di Sumatera Utara.