UNTUK INDONESIA
Bikin Bangga, Pantai Karang Jahe Rembang Terbaik
Pantai Karangjahe di Rembang, Jawa Tengah masuk lima besar kawasan terbaik nusantara 2019. Pantai itu menyisihkan 80 potensi desa wisata lain.
Pantai Karang Jahe Rembang, Jawa Tengah. (Foto: Tagar/Rendy Teguh Wibowo)

Rembang - Bikin bangga masyarakat Rembang, Jawa Tengah. Pantai Karang Jahe di Desa Punjulharjo masuk lima besar kawasan wisata terbaik nusantara 2019. Karang Jahe berhasil mengalahkan lebih dari 80 desa wisata lainnya pada penjurian akhir tingkat akhir nasional. 

Banyak indikator yang dinilai sehingga Karang Jahe masuk lima besar nasional. "Pertama adalah adanya kepedulian masyarakat setempat untuk sama-sama mengembangkan potensi wisata," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rembang, Dwi Purwanto, Sabtu, 30 November 2019.

Dwi menyatakan keberhasilan tersebut merupakan buah manis kerja sama sinergis pihaknya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintah Desa Punjulharjo. Juga kontribusi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengembangan wisata dan peran kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat. 

Saya harap homestay tidak diletakkan jauh-jauh dari lokasi pantai.

Bukan hal mudah sehingga Pantai Karang Jahe bisa menjadi salah satu yang terbaik. Perjalanan ke arah itu melalui proses panjang. 

"Diawali dengan pengusulan dalam lomba wisata nusantara, kemudian paparan hingga penjurian yang dilakukan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi," terangnya.

Atas capaian tersebut, Karang Jahe mendapatkan apresiasi berupa kucuran anggaran sebesar Rp 400 juta. Dana apresiasi itu rencananya diwujudkan dalam bentuk fisik berupa homestay untuk wisatawan.

Sementara itu, pengelola wisata Pantai Karang Jahe Ali Mustofa mengaku sangat bersyukur dengan capaian lima besar nasional. Namun hal itu tidak boleh membuat pihaknya sombong. Pasalnya masih banyak hal yang harus dipersiapkan untuk pengembangan Karang Jahe agar lebih disukai wisatawan, baik dari Rembang maupun luar Rembang.

"Ke depan untuk pengembangan desa wisata ini bisa lebih ditingkatkan lagi, terkait manajemen atau pengelolaannya untuk kesejahteraan masyarakat Desa Punjulharjo," jelas dia.

Terkait hadiah Rp 400 juta yang akan diwujudkan homestay wisatawan, dirinya mengusulkan agar tidak ditempatkan terlalu jauh dari lokasi wisata. Agar para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan pantai. 

"Saya harap homestay tidak diletakkan jauh-jauh dari lokasi pantai. Dan usulan saya pribadi ya diletakkan di dekat sini agar wisatawan juga bisa menikmati suasana pantai di Karang Jahe," pungkasnya.

Untuk diketahui, Pantai Karang Jahe menjadi salah satu jujugan utama wisata pantai di Jawa Tengah. Wisatawan yang datang bukan hanya dari Rembang saja, melainkan juga Pati, Kudus, Blora dan Tuban.

Baca juga: 

Berita terkait
Pemkab Jepara Gratiskan Wisata Pantai
Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, Pemkab Kabupaten Jepara mengratiskan biasa masuk di sejumlah wisata pantai di Jepara.
Elegi Pantai Anyer Setelah Gempa
Pantai Florida Pasir Putih Anyer di Kabupaten Serang, Banten, masih sepi mengunjung setelah Selat Sunda dihantam tsunami.
Kiat Mengatasi Abrasi Pantai dari Kepala BNPB
Abrasi pantai dianggap ancaman permanen yang penanganannya perlu solusi permanen.
0
Jeruji Besi Ancam Penyebar Identitas Pasien Corona
Polri menegaskan hukuman kerangkeng jeruji besi akan selalu mengiringi penyebar identitas pribadi pasien terinfeksi virus corona.