UNTUK INDONESIA
Hutan Pinus Target Berburu Selfie Wisatawan Lokal
Hutan pinus kerap menjadi pilihan wisata bagi sejumlah wisatawan lokal untuk berburu foto yang menarik.
Hutan Pinus Semeru di Malang, Jawa Timur. (Foto: malangstrudel.com)

Jakarta - Hutan pinus kerap menjadi pilihan wisata untuk sejumlah wisatawan lokal. Selain menikmati keindahan alam, Anda juga bisa berburu foto yang bagus untuk diabadikan ke media sosial. 

Berikut Tagar rangkum sejumlah rekomendasi buat Anda yang menyukai suasana alam hutan pinus. 

1. Hutan Pinus Kragilan

Hutan Pinus KragilanHutan Pinus Kragilan berada di Magelang, Jawa Tengah. (Foto: viapendaki.com)

Hutan Pinus Kragilan berada di Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas foto para wisatawan. 

Objek wisata tersebut menyediakan ayunan (mountain swing), hammock, dan gardu pandang yang tinggi. Hal itu untuk menunjang aktivitas foto Anda dan dijamin sangat instagramable. 

Tempat wisata alam ini terletak di lereng bukit, sehingga tidak terlihat dari pinggir jalan raya. Jadi, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik karena area menuju lokasi banyak tikungan dan tanjakan. Disarankan, Anda berkunjung ke tempat wisata itu pada pagi hari, karena udaranya masih segar dan sejuk. 

2. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus MangunanHutan Pinus Mangunan di Yogyakarta. (Foto: Instagram/@hutanpinusmangunan)

Tempat wisata ini berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Biasanya hutan ini disebut sebagai surganya pemburu foto. 

Destinasi populer di Yogyakarta ini menawarkan pemandangan alam yang memukau karena berlatar hutan dan dataran rendah Imogiri. Cuaca yang sejuk dan segar, serta keadaan di sekitar akan memanjakan mata, hingga Anda tak ingin beranjak dari tempat itu. 

Waktu terbaik berkunjung ke wisata tersebut adalah saat pagi hari karena pemandangannya lebih indah. Mengunjungi tempat ini, tidak akan membuat Anda menyesal dan bosan.

3. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus LimpakuwusHutan Pinus Limpakuwus di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto: Instagram/@hutanpinuslimpakuwuss)

Hutan Pinus Limpakuwus berada di Dusun III, Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Wisata itu masih terbilang alami dan belum banyak diketahui manusia. 

Tempat tersebut memang belum dikelola pemerintah secara maksimal. Namun, tak perlu khawatir, wisata tersebut cocok untuk menenangkan pikiran dan merilekskan badan. Itu karena hutan pinus yang satu ini bebas dari kebisingan dan hiruk pikuk. 

Objek wisata ini berdekatan dengan peternakan sapi, sehingga Anda juga akan menyaksikan pemandangan menakjubkan, di mana ada hamparan padang rumput, sapi yang digembalakan dengan bebas, dan hutan pinus yang sejuk.

4. Hutan Pinus Semeru

Hutan Pinus SemeruHutan Pinus Semeru di Malang, Jawa Timur. (Foto: malangstrudel.com)

Wisata ini berada di  area sawah/Kebun, Sumberputih, Wajak, Malang, Jawa Timur. Di tempat ini, Anda akan mendapatkan pohon pinus dan udara yang segar. 

Tempat ini sangat instagramable karena banyaknya payung warna-warni dan hammock yang digantung di antara pohon pinus. Bahkan, Anda juga bisa berfoto di rumah pohon setinggi 2 meter yang disewakan.  

Berkunjung ke daerah tersebut, di sarankan Anda harus berhati-hati. Karena  jalanan menuju lokasi masih berupa tanah. Jika liburan di musim hujan, jalan menjadi becek dan musim kemarau, medannya lebih berdebu. 

5. Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung PancarHutan Pinus Gunung Pancar di Bogor, Jawa Barat. (Foto: Instagram/@rere_mis)

Destinasi wisata ini berada di Gunung Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini juga dikenal sebagai surganya pemburu foto. 

Pemandangan alam yang ditawarkan di lokasi tersebut dapat menenangkan pikiran dan kejenuhan. Tak heran tempat ini menjadi pilihan bagi para pasangan yang sedang di mabuk asmara untuk melakukan sesi foto pre-wedding atau menikah di sana.

Selain berfoto, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain sepeda, berkemah, atau berendam di pemandian air panas. Jangan khawatir kelaparan, di sana banyak tempat menjajakan makanan dan minuman hangat. []

Baca juga:

Berita terkait
Sungai Kampar dan Empat Pesona Wisata Populer Riau
Riau memiliki segudang tempat wisata yang memukau dan menakjubkan, berikut Tagar berikan ulasannya.
Goa Mabala NTT Menang Wisata Terunik Terpopuler
Goa Mabala yang berada di NTT berhasil meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 kategori destinasi wisata terunik terpopuler.
Lima Wisata Eksotis Pulau Sumba
Pulau Sumba NTT memiliki banyak tempat wisata yang eksotis, berikut ulasannya.
0
Mantan Suami Dewi Persik Nyalon Gubernur Sumbar
Aldi Taher bertekad maju menjadi calon gubernur Sumatera Barat pada Pilkada 2020.