UNTUK INDONESIA
Menghilangkan Penat di Pantai Bara Bulukumba
Cuaca terik, suara ombak, angin sepoi-sepoi, pasir putih yang lembut, menyambut kedatangan setiap wisatawan di Pantai Bara, Kabupaten Bulukumba.
Warna air laut hijau kebiruan di Pantai Bara di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Bulukumba - Cuaca terik, suara ombak, angin sepoi-sepoi, pasir putih yang lembut, menyambut kedatangan setiap wisatawan di Pantai Bara, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Pantai Bara adalah surga tersembunyi di wilayah timur Sulawesi Selatan. Ia masuk dalam daftar pantai-pantai indah di provinsi ini. Jarak tempuh ke tempat ini dari Kota Makassar sekitar 190 kilometer, dengan perjalanan sekitar 5 jam.

Meski belum sepopuler pantai-pantai lain di di sekitarnya, bukan berarti wisatawan bisa melewatkan keindahannya begitu saja. Pantai Bara yang terletak di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari ini lebih dikenal sebagai kembaran dari Pantai Tanjung Bira (pantai paling terkenal di Bulukumba, nanti akan dibahas juga).

Kemiripan namanya membuatnya semakin terasa seperti saudara kembar. Karenanya bila wisatawan berkunjung ke Pantai Tanjung Bira ada baiknya menyempatkan diri juga mengunjungi Pantai Bara.

Meski memiliki lokasi dan nama yang hampir mirip antara Bira dan Bara, namun bagi wisatawan yang akan berlibur ke tempat ini akan mendapatkan dua pengalaman berbeda. Bagi wisatawan yang lebih mencari ketenangan saat berwisata ke pantai, Pantai Bara akan menjadi salah satu pilihan yang paling tepat.

Ichwan, seorang pengujung mengatakan keindahan pantai berpasir putih dan lautnya yang biru ini belum banyak dijamah orang, sehingga suasananya masih sepi dan tenang. Wisatawan akan merasa seperti sedang berada di sebuah pantai pribadi.

"Kalau berada di Pantai Bira suasananya lebih ramai, sedangkan di Pantai Bara, wisatawan akan lebih bisa merasakan ketenangan sebab masih kurang orang yang mengunjunginya," kata Ichwan, karyawan BUMN dari Kabupaten Pinrang.

Di Pantai Bara, wisatawan akan merasakan ketenangan.

Pantai Bara BulukumbaKeindahan Pantai Bara di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Rute Perjalanan Menuju Pantai Bara

Untuk menikmati keindahan di pantai ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti mobil travel atau bus menuju Pantai Tanjung Bira. Tarif yang akan wisatawan keluarkan sekitar Rp 85.000-100.000 per orang untuk sekali perjalanan.

Setelah sampai di Pantai Tanjung Bira, wisatawan tinggal melanjutkan perjalanan menuju Pantai Bara. Bila menggunakan kendaraan pribadi, motor atau mobil, wisatawan akan melewati kawasan bukit yang masih hijau sekitar 5 kilometer perjalanan.

"Ada baiknya menuju Pantai Bara jangan terlalu sore, karena kondisi perjalanan yang masih berupa hutan akan memungkinkan wisatawan bertemu beberapa hewan liar," kata Ichwan. Ia berlibur ke sini bersama keluarga.

Pria kelahiran Makassar itu menambahkan, bila wisatawan berkunjung dengan menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke Pantai Tanjung Bira, tidak perlu khawatir harus berjalan kaki untuk menuju Pantai Bara.

Di lokasi Pantai Tanjung Bira, banyak ditemui penyewaan kendaraan bermotor. Wisatawan bisa menyewa untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Bara.

Alternatif lain, bila wisatawan sedang beruntung, bisa mencoba menuju Pantai Bara dengan berjalan kaki menelusuri bibir Pantai Tanjung Bira.

"Karena letaknya bersebelahan dengan Pantai Tanjung Bira, berjalan kaki tidak akan membutuhkan waktu lama. Namun tentu saja harus menunggu saat air laut surut," ujarnya.

Ada baiknya menuju Pantai Bara jangan terlalu sore, karena kondisi perjalanan yang masih berupa hutan.

Pantai Bara BulukumbaPantai pasir putih yang halus di Pantai Bara di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Wajib Bawa Bekal Jika Ingin Lama

Supriadi seorang warga lokal kepada Tagar mengatakan, bagi wisatawan yang ingin tinggal berlama-lama menikmati keindahan Pantai Bara harus membawa perbekalan sendiri. Karena jarangnya warung yang menjajakan panganan di sekitar pantai.

Pilihan untuk memesan makanan adalah dengan mengunjungi restoran yang ada di dalam salah satu penginapan di kawasan Pantai Bara. Di sana wisatawan bisa menikmati bermacam panganan baik yang berat maupun ringan.

Ia juga menambahkan, untuk mengunjungi tempat ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Uang tiket masuk hanya akan dikenakan saat memasuki kawasan Pantai Bira yakni Rp 10.000 per orang.

"Tetapi untuk yang membawa kendaraan pribadi sebaiknya menyiapkan uang untuk biaya parkir kendaraan saja, harganya juga beragam biasanya paling mahal lima ribu," kata Supriadi.

Pantai Bara BulukumbaWarna keemasan dari matahari yang segera menghilang di Pantai Bara di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Snorkeling, Lihat Sunset, Hingga Camping

Berkunjung ke Pantai Bara akan membuat wisatawan bersyukur bisa hidup di negara yang sangat indah seperti Indonesia. Wisatawan akan dimanjakan pemandangan pantai berpasir putih yang indah, dengan hamparan laut yang luas dan biru. Sepanjang mata memandang, wisatawan hanya akan menikmati lukisan keindahan alam khas Indonesia.

Pantai Bara banyak ditumbuhi pohon kelapa, mungkin gambaran pantai yang seperti ini yang akan membangkitkan kenangan masa kecil wisatawan kala diminta guru untuk membuat gambar pemandangan pantai.

Pasir yang putih, laut yang biru, langit yang luas dengan sedikit awan, dan deretan pohon kelapa. Satu pemandangan yang akan menyejukkan hati dan menghilangkan kepenatan.

Wisatawan bisa memutuskan untuk bermalam di pantai ini karena adanya beberapa penginapan yang langsung menghadap pantai. Namun, bila wisatawan ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, wisatawan bisa mencoba berkemah di tepi pantai. Suasana pantai yang tenang, akan membawa kedamaian untuk setiap wisatawan yang berada di sana.

Akbar, pengunjung lain, mengaku suka Pantai Bara karena memiliki laut yang sangat jernih. Di tempat ini wisatawan akan merasa seperti sedang memandang satu kolam renang yang luas dengan air yang jernih dan bersih. Laut ini seolah mengundang siapa pun yang berada di bibir pantai untuk langsung berenang ke laut.

"Suasana laut yang seperti ini tidak akan dengan mudah wisatawan dapatkan dari pantai-pantai lain," ujar Akbar.

Pantai Bara BulukumbaKeindahan Pantai Bara di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Selepas puas menikmati keindahan alam di bawah laut, saat sore tiba wisatawan bisa memandangi matahari yang mulai meredup dan menghilang di balik cakrawala. Keindahan sunset di Pantai Bara tidak akan dengan mudah wisatawan lupakan begitu saja bahkan dalam waktu yang lama sekalipun.

"Baiknya kalau ke sini siapkan kamera, dan rekam indahnya sunset pantai ini sebagai kenangan yang akan bisa wisatawan pamerkan untuk anak cucu kelak," kata pria asal Makassar ini.

Karyawan di salah satu prusahaan swasta ini menambahkan, tidak hanya sunset-nya yang indah, sunrise-nya pun tidak kalah indah. Karenanya bila wisatawan memiliki banyak waktu, ada baiknya luangkan waktu untuk bermalam di pantai ini.

Tak kalah serunya, selain kegiatan snorkeling dan melihat sunset, di Pantai Bara salah satu keunggulannya adalah bisa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda. Wisatawan bisa mendirikan tenda di pinggiran pantai dengan tetap memperhatikan jarak dengan bibir pantai.

"Menikmati pemandangan pantai pada saat sunset dan sunrise dari dalam tenda juga jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan," kata Akbar.

Di Bulukumba sendiri, sebagai salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan keindahan pantainya memiliki sejumlah pantai lain yang tidak kalah cantiknya dengan Pantai Bara, seperti Pantai Tanjung Bira, Pantai Marumasa, Pantai Samboang, Pantai Lemo-Lemo, Pantai Ara, Pantai Panrang Luhu, dan masih ada beberapa pantai lainnya lagi.

Penasaran dengan keindahan Pantai Bara? Jangan lupa saat liburan agendakan untuk bisa menikmati ketenangan di tempat ini, meski jaraknya jauh tapi hati akan terpuaskan melihat keindahan alam dari Sang Pencipta. []

Keindahan lain:

Berita terkait
Sensasi Terapi Kesehatan di Pantai Cepi Watu NTT
Pantai Cepi Watu merupakan obyek wisata tersohor yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sini bahkan bisa juga untuk terapi stroke.
Kunjungi Pantai Jilbab di Aceh, Turis Harus Berjilbab?
Pantai Jilbab di Aceh Barat Daya konon katanya wanita yang berkunjung ke sini harus berjilbab. Apabila melanggar maka disuruh kembali pulang.
Berselancar Membelah Ombak di Pantai Sorake Nias
Pantai Sorake yang berada di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan memiliki keindahan yang memukau.
0
Satu Driver Ojol Dicari Terkait Corona di Batam
Dinkes Provinsi Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana mengatakan satu orang driver ojol masih dalam pencarian di Batam terkait infeksi Corona.