Mengenal Minuman Kefir yang Dikonsumsi Berabad-abad

Sejumlah makanan dan minuman yang dijuluki superfood sebenarnya punya sejarah kuno salah satunya minuman kefir yang menjadi warisan turun temurun.
Ilustrasi - Minuman kefir. (Foto: Tagar/ Shutterstock)

Jakarta - Sejumlah makanan dan minuman yang dijuluki superfood sebenarnya punya sejarah kuno, salah satunya minuman kefir yang sudah dikonsumsi selama berabad-abad.

Minuman kefir berasal daerah Kaukasus Utara, Rusia, biji kefir diberikan oleh Nabi Muhammad kepada rakyat Kaukasus dan menjadi semacam pusaka yang diwariskan secara turun temurun.

Kefir merupakan minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi yang dibuat dengan memasukkan butiran kefir ke dalam susu sapi, kambing, atau domba. 

Kefir tradisional dibuat di dalam tas kulit kambing dan digantung di dekat pintu. Tas ini akan bergoyang ketika seseorang membuka pintu sehingga susu dan kefir akan tercampur.

Istilah kefir berasal dari bahasa Turki, ke’if, yang berarti enak atau keadaan yang baik. Dugaan yang lebih memiliki landasan adalah bahwa nama kefir berasal dari kaafuura, yaitu nama mata air di surga yang airnya berwarna putih, harum baunya, dan lezat rasanya.

Selama berabad-abad, minuman krim ini diyakini membantu meningkatkan sistem pencernaan. Penelitian terbaru pun menemukan beberapa manfaat lagi yang bisa didapatkan dari kefir.

Rasa kefir mirip yogurt tawar tapi lebih tajam dan memiliki konsistensi lebih encer. Meski dibuat dari susu fermentasi, biasanya kefir tidak menimbulkan masalah bagi orang yang tidak toleran laktosa.

Proses fermentasi mengubah laktosa yang biasanya menimbulkan gejala nyeri menjadi asam laktat, sehingga lebih mudah dicerna. Kefir merupakan minuman tradisional di Eropa Timur dan Asia Barat Daya.

Popularitasnya di seluruh dunia berkat sifat probiotiknya yang dapat membantu menjaga kesehatan usus. Studi baru yang dipublikasikan di Pharma Nutrition menguak manfaat rutin minum kefir.

Kebiasaan itu dapat menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan gula darah. Peneliti mendapat hasil tersebut setelah mengamati para peserta yang minum kefir setiap hari selama 12 pekan.

Selain penurunan tekanan darah dan manfaat gula darah, tim menemukan tanda-tanda yang menjanjikan terkait kolesterol. Secara keseluruhan levelnya membaik sehingga menurunkan risiko masalah kardiovaskular.

Tak hanya baik bagi kesehatan usus dan jantung, minuman ini pun merupakan sumber protein, kalsium, vitamin B, vitamin K, dan magnesium. Bersama probiotik, semua kombinasi itu meningkatkan sistem kekebalan dan menguatkan tulang. []

Berita terkait
Mengenal Manfaat Minum Air Putih Pagi Hari
Minum air putih memiliki beragam manfaat, sehingga Anda dianjurkan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya atau dua liter.
Biji Semangka Ternyata Bisa Dimakan dan Bermanfaat Buat Kesehatan
Selama ini mungkin beberapa orang terbiasa membuang biji semangka, tidak menyangka biji semangka bisa dimakan dan berkhasiat untuk kesehatan.
Manfaat dan Risiko Jamur Buluk Terhadap Kesehatan Manusia
Fakta menarik terkait kegunaan dan bahaya jamur buluk (KBBI: kotor karena debu) serta saran umum bagi konsumen
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.