Mengenal Manfaat Minum Air Putih Pagi Hari

Minum air putih memiliki beragam manfaat, sehingga Anda dianjurkan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya atau dua liter.
Manfaat minum air putih di pagi hari. (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Ada beragam minuman yang dapat dikonsumsi untuk mencukupi asupan cairan harian atau untuk menghilangkan dahaga. Namun, jenis minuman yang paling baik dikonsumsi adalah air putih karena bebas kalori dan gula sehingga lebih menyehatkan.

Oleh karena itu, banyak ahli yang menganjurkan untuk memenuhi asupan cairan sehari-hari, termasuk mengawali pagi dengan minum air putih

Air merupakan zat penting yang menyusun 50% hingga 60% komposisi tubuh. Di dalam tubuh, air memiliki beragam fungsi bagi kesehatan tubuh.

Seluruh organ tubuh memerlukan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, Anda harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Salah satu waktu yang sangat baik untuk minum air putih adalah setelah bangun tidur.


Tak hanya menghilangkan dahaga, manfaat minum air putih untuk kesehatan sangatlah beragam.


Agar Anda tidak melupakan kebiasaan mimum air putih pagi hari, Anda harus mengetahui manfaat apa saja yang terdapat jika Anda selalu rutin minum air putih pagi hari.

  • Mengeluarkan racun dalam tubuh

Salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

  • Baik untuk fungsi tubuh

Minum air putih dapat membantu ginjal mengeluarkan air limbah dari tubuh. Menurut sebuah penelitian pada 2010, minum air putih dapat peningkatan asupan cairan, mencegah urolitiasis, yang terjadi ketika batu hadir di saluran kemih.

Selain itu, sebuah penelitian 2019 menemukan bahwa orang membutuhkan asupan air yang cukup untuk fungsi sistem kardiovaskular yang tepat. 

Studi tersebut mencatat bahwa dehidrasi dan asupan air yang tidak memadai berdampak negatif pada regulasi tekanan darah dan fungsi vaskular.

  • Meningkatkan kinerja mental

Air putih dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental, bahkan dehidrasi kecil dapat memiliki efek buruk pada kognisi, Sebuah review pada 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. 

Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi. Namun, para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik.

Selain itu, peserta dalam penelitian ini minum air sepanjang hari. Ini mungkin menunjukkan bahwa hidrasi sepanjang hari mungkin diperlukan untuk kinerja mental yang lebih baik daripada hanya minum air di pagi hari. 

Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan kinerja mentalnya, khususnya di pagi hari, minum air putih dapat membantu.

  • Meningkatkan mood

Minum air juga memiliki efek positif pada suasana hati seseorang. Sebuah penelitian pada 2014 menemukan bahwa orang yang biasanya minum air dalam volume rendah memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air.

Penelitian yang sama menemukan bahwa ketika individu yang biasanya minum air dalam jumlah banyak mengurangi asupan air mereka, biasanya mengalami lebih banyak rasa haus, penurunan ketenangan dan emosi positif.

Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Dengan begitu, Anda bisa lebih produktif. Namun ingat, Anda juga perlu asupan kalori sebagai sumber tenaga, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sarapan.

Selain itu, agar tubuh tetap segar sepanjang hari, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. 

Jika tubuh terhidrasi dengan baik, Anda dapat lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi, sehingga produktivitas kerja Anda juga akan meningkat

Nah, inilah alasan kenapa Anda harus membiasakan mengkonsumsi air putih di pagi hari, sebelum memulai aktivitas atau kegiatan sehari-hari. []

Berita terkait
Menko PMK: Cegah Hipertensi Lewat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
Menko PMK mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan dan pengendalian khususnya hipertensi melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
Manfaat dan Risiko Jamur Buluk Terhadap Kesehatan Manusia
Fakta menarik terkait kegunaan dan bahaya jamur buluk (KBBI: kotor karena debu) serta saran umum bagi konsumen
Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung Saat Puasa
Selama puasa, penderita asam lambung harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut minuman sehat untuk mengatasi asam lambung.
0
Ronald De Boer Dipilih Jadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar
Bintang sepak bola Belanda, Ronald de Boer, mengatakan, dia sangat antusias mendapat kesempatan menjadi Duta Piala Dunia 2022 di Qatar